Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Resmi Diluncurkan, Indonesia Jadi Basis Ekspor

  • All New Toyota Kijang Innova Zenix resmi diluncurkan pada Senin (21/11/2022). Indonesia menjadi basis produksi Zenix untuk pasar ekspor. 
  • MPV ini akan diproduksi di pabrik I Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di kawasan KIIC, Karawang, Jawa Barat, lalu diekspor ke 13 negara di Asia dan Amerika Latin.
  • Harga yang dibanderol berkisar 400 hingga 600 jutaan.

Otojatim.com - Indonesia secara resmi menjadi negara pertama yang meluncurkan Toyota Kijang Innova Hybrid Zenix. Mobil Hybrid ini diproduksi di pabrik I TMMIN kawasan KIIC, Karawang, Jawa Barat. Lewat acara bertajuk "Global Premiere of The New Toyota Electrified Vehicle" pada Senin (21/11/2022), Toyota mengumumkan akan mengekspor Zenix ke 50 negara termasuk 13 negara di Asia dan Amerika Latin.


Dalam peresmian tersebut, turut hadir Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific, Hao Quoc Tien, dan Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono.


"Hari ini adalah tonggak penting lainnya dalam perjalanan Toyota. Kami ingin merayakan peluncuran perdana di dunia mobil nasional ikonik Indonesia, Kijang," kata Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pasific, dalam sambutannya.

"Terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia, terutama untuk kendaraan listrik hybrid. Kami yakin dapat meningkatkan skala model elektrifikasi kami secara massal dan diproduksi untuk pasar Indonesia, termasuk juga untuk ekspor," sambung Hao.


Toyota Kijang selalu mendapat respons positif di setiap generasinya. Zenix sendiri merupakan generasi ke-7 dari keluarga Kijang.


"Kami hadirkan Kijang baru generasi 7, all new Kijang Innova Zenix, sebagai inovasi MPV crossover, dengan desain mewah, tangguh, spacious, serta ramah lingkungan sebagai solusi mobilitas terbaru," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang Kartasasmita turut menandatangani mobil tersebut sebagai langkah simbolis dari produksi perdana kendaraan elektrifikasi di Indonesia.


Spesifikasi Toyota Kijang Innova Zenix

Salah satu yang menonjol dari seri terbaru ini adalah kehadiran panoramic sunroof yang membuatnya semakin kompetitif dibanding rival. Dari sisi ukuran, ternyata sangat besar, membentang dari depan ke belakang sehingga penumpang dapat dengan mudah melihat pemandangan alam dari dalam kabin. Keberadaan sunroof ini tak hanya membuat kabin terkesan semakin lapang, namun juga elegan berkat ambient light di sisi kiri dan kanannya.

Keberadaan panoramic sunroof ini membuat letak ventilasi AC berubah, tak lagi di tengah seperti double blower biasanya tetapi dipindah ke samping dekat ke pilar-pilar.

Perbedaan menonjol lainnya adalah captain seat dengan tipe ottoman yang lebih nyaman untuk penumpang karena adanya sandaran kaki yang membuat posisi duduk semakin rileks. 


Dari sisi ekterior, tampilan Zenix sekilas mirip dengan Innova Reborn. Namun jika dilihat secara seksama, beberapa ubahan membuatnya terlihat lebih modern dan berkesan ala SUV. Diantaranya dimensi grill yang lebih besar, logo Toyota dengan aksen biru yang mencirikan mobil hybrid, headlamp, foglamp, dan DRL sudah LED. Ada 5 5 pilihan warna diantaranya: White pearl, Black, Dark Steel, Grey, dan Silver.


Varian mesin diesel yang sebelumnya ada di Innova hilang digantikan mesin bensin dan mesin bensin hybrid. Zenix mejadikan mesin TNGA 2.000 cc generasi terbaru M20A-FKS Dynamic Force sebagai jantung pacunya yang mampu menghasilkan tenaga tenaga 172 dk pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm. 


Untuk varian hybrid, Zenix mengandalkan mesin M20A-FXS dengan tenaga mencapai 150 dk pada 6.000 rpm, torsi 187 Nm pada rentang 4.400-5.200 rpm. Sedangkan motor listriknya menjanjikan daya 110 dk dengan torsi 205 Nm. Gabungan output tenaga mencapai 184 dk.


Keluaran dayanya tidak lagi menggunakan transmisi matic 6-percepatan Sport Sequential, melainkan transmisi 10-percepatan Direct Shift CVT, yang digadang-gadang dapat menghadirkan performa bertenaga dengan konsumsi BBM yang lebih efisien.

"Peningkatan performa lebih baik rata-rata 25%, konsumsi BBM lebih irit di atas 50% dibanding gen sekarang, perpaduan ini berkontribusi menurunkan emisi rata-rata hampir 50%," ungkap Henry, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).


Mobil MPV ini juga menyematkan beberapa fitur modern. Salah satu andalannya adalah TSS (Toyota Saftey Sense) versi 3.0 atau serupa milik Toyota Voxy dan bZ4X. Teknologi ini terintegrasi dengan Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB). Tak ketinggalan teknologi T-Intouch yang dapat mengintegrasikan mobil dengan smartphone secara komprehensif. Dengan drmikian pemilik bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicuri (stolen vehicle tracking).


TAM menyediakan berbagai pilihan Toyota Kijang Innova Zenix dengan detail harga sebagai berikut:

  • Kijang Innova Zenix G Rp 419 juta
  • Kijang Innova Zenix G HV Rp 458 juta
  • Kijang Innova Zenix V Rp 467 juta
  • Kijang Innova Zenix V HV Rp 522 juta
  • Kijang Innova Zenix Q Rp 601 juta.

LihatTutupKomentar
close
daftar yamaha maxiday 2022