iklan jual beli mobil

Komparasi Sedan: Mazda 2 vs Honda City vs Toyota Vios Mana Paling Unggul?

Mazda 2 vs Honda City vs Toyota Vios

Jakarta, Otojatim.com - Ketiga sedan entry-level paling dicari saat ini oleh pengguna pribadi maupun fleet seperti perusahaan dan perbankan. Konon, ketiga model ini sebenarnya punya beragam fitur menarik dan biasanya jadi pilihan bagi perusahaan untuk karyawannya.

Tetapi tren saat ini banyak anak muda justru menggemari sedan dibandingkan SUV atau crossover minimalis. Karena penggunaan mereka tidak intens atau memang sedan sebagai pilihan kendaraan buat digunakan di perkotaan sekalipun saat weekend nanti. Memang, SUV saat ini terasa besar atau mungkin saja mereka butuh kendaraan yang menampilkan status kemapanan diri mereka.

Resmi Meluncur Honda City Sedan Generasi Kelima


Dari ketiga model tersebut manakah yang begitu cocok untuk dipakai oleh eksekutif muda atau manager muda yang energetik dan elegan. Mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Eksterior
Ketiga model ini memang punya perbedaan menarik terutama soal eksterior, masing-masing bawa ciri khas tersendiri. Mulai dari Toyota dan Honda seperti punya kesan Liftback padahal sedan sedangkan Mazda 2 terlihat hatchback style dengan bentuk hampir mirip dengan model hatchback-nya.

Toyota New Vios Resmi Hadir Di Indonesia, Tawarkan Kelegaan Dan Fitur Baru


Buat Honda pribadi lebih menarik dan elegan dibandingkan Vios yang seharusnya energetic. Karena Honda selalu berpegang teguh pada prinsip Elegan itu City Sporty itu Jazz atau City Hatchback saat ini. Karena kedua model tersebut punya karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Sedangkan Vios punya karakter baru dikarenakan memakai platform dari Daihatsu dengan nama DNGA. Sehingga bentuk terbaru ini sedikit berbeda dibandingkan model sebelumnya, bahkan terlihat lebih minimalis daripada generasi sebelumnya. Mungkin saja efek desain mengotak kesannya terlihat sempit padahal tidak sama sekali.

Mazda Perkenalkan New Mazda 2 Sedan


Sedangka Mazda 2 tetap pertahankan sleek elegan mereka bahkan sampai bentuk lampu pun tidak ada perbedaan mencolok antara tipe hatchback dengan sedan. Malah bentuknya ini terkesan mirip satu sama lainnya.

Memang, intinya sedan entry-level sendiri bisa jadi pilihan namun secara bentuk dari ketiganya Vios sendiri masih punya keunggulan lebih baik daripada kedua model lain.

Interior
Soal interior, kembali lagi dari ketiga model ini hampir sama bahkan tidak ada yang berbeda selain tersedia bagasi dan kelegaan kabin layaknya sedan. Memang kesannya terlihat sama pun juga kesan yang ditawarkan agak sedikit berbeda dibandingkan model lainnya.

Oke, buat Honda City terlihat lebih dewasa namun keseluruhan warna interiornya terlihat hitam dan tak mungkin juga warna ini hadir di sedan mengingat konsep sedan sendiri lebih berkesan menarik. Disamping itu, Vios dan Mazda 2 juga sedikit melakukan hal yang sama namun untuk Vios, kembali lagi lebih segar dan menarik. Tentu saja tarikan dasbor serta tampilannya lebih menarik dibandingkan model sebelumnya.

Mazda 2 pun juga terlihat sama dengan model hatchback tanpa ada ubahan berarti. Malah kesan sport tampil lebih menarik ketimbang Honda City yang terbilang biasa saja tanpa ada hal menarik. Kalau Vios sendiri lebih atraktif namun bentuknya terlihat simpel dan rasanya Vios berikan kesan menarik dibandingkan kedua sedan lainnya.

Soal interior mungkin sudah selera masing-masing dan kelegaan juga selera masing-masing. Tapi jelasnya lebih menarik model Mazda 2 yang sekiranya masih mirip dengan versi Hatchback namun elegan yang diberikan lebih menarik.

Mesin
Soal mesin, ketiganya punya kapasitas sama dan tidak ada yang berbeda sama sekali, lantas untuk tenaga mesin masing-masing model ini punya perbedaan yang sedikit mencolok. Buat tenaga Honda City sendiri hanya 118 daya kuda dan torsi 145 Nm. Bandingkan dengan Toyota Vios tenaga hanya 106 daya kuda dan torsinya lebih kecil daripada City Sedan hasilkan 138 Nm.

Kalau Mazda 2 sedan tenaga yang dihasilkan hanya 111 daya kuda dan torsi cuma 144 Nm. Memang terasa sulit sekali memilih mana yang terbaik dari kelas mesin namun jelas kalau Honda jadi juaranya soal mesin dan tenaga yang dihasilkan pun begitu besar dan mampu hadang hegemoni mobil lainnya.

Kesimpulan
Siapa yang juara disini? Lebih jelasnya cukup sulit dan pastinya semua orang akan lebih suka dua model seperti City atau Vios karena sudah teruji bahkan Vios sendiri punya durabilitas karena pernah menjadi mobil taksi sebelumnya dan City sudah hadir dari awal tahun 2000-an bahkan sudah jadi bagian dari konsumen Indonesia juga.

PR besar buat Mazda agar bisa mengekor penjualan mereka, entah dengan improvement produk atau supply kepada konsumen diperkuat lagi supaya tidak jadi bulan-bulanan konsumen di Indonesia.(AP)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi