iklan jual beli mobil

Drag Race VW 2022 Putaran Kedua Siap Digelar di Sirkuit Adhi City Sentul

  • Volkswagen Van Club gelar ajang balap lintasan lurus (drag race) versi 201 meter di sirkuit non-permanen Adhi City Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 22-23 Oktober 2022 mendatang.

Otojatim.com - Mengusung tema ‘Go and Fast’, ajang drag race ini merupakan putaran kedua dari rangkaian Drag Race VW Series 2022, dimana putaran pertama telah berlangsung pada Agustus lalu di Lanud Rumpin, Kabupaten Bogor oleh Volkswagen Beetle Club (VBC).


Putaran ketiga atau putaran terakhir direncanakan  akan dilaksanakan oleh Volkswagen Club Bandung (VCB) dengan konfirmasi lokasi dan waktu menyusul.


Kamis (13/10/2022), bertepatan dengan  HUT VVC ke-41, telah dilaksanakan konferensi pers di ruang serbaguna LRT City Sentul – Royal Sentul Park yang dibuka oleh Ketua Umum VVC, Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M.


"Acara ini ibarat pengisi dahaga setelah sekian lama terkungkung dalam rumah akibat pandemi. Jika selama 2 tahun ini hanya diam di rumah sambil main game dan merawat mobil, kini saatnya kita bergerak lagi," ujar Pudji.


Menurut Pudji, event balap lintasan lurus ini bertujuan tak hanya sebagai upaya menggerakkan sektor ekonomi, tapi juga untuk membangkitkan semangat sportivitas. Pudji juga berharap, kompetisi tersebut dapat menampung minat, serta memenuhi hasrat para penggemar otomotif yang senang memacu adrenalin di lintasan balap lurus.


“Bukan sekedar membangkitkan nyali dan kreasi, tapi juga harus berprestasi pastinya. Karena itu agar hasilnya nyata, kami kerjasama dengan VW Indonesia Asosiasi (VIA), Adhi City, dan Jakarta Storm Speed, untuk membuat acara ini,” kata Pudji.


Lebih lanjut Pudji mengungkapkan bahwa, VVC akan menyalurkan hasrat gaspol dalam rangkaian lomba drag race tersebut. “Kami ingin semua yang tertunda selama pandemi, terutama keinginan untuk menggas pol kendaraan hobi, bisa tersalurkan di balap ini. Bukan di jalan raya yang dapat membahayakan keselamatan umum,” lanjut Pudji, yang juga merupakan Komisioner Kompolnas tersebut.


Sirkuit non-permanen di Adhi City telah ditinjau serta disetujui oleh pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan dinyatakan memenuhi kaidah standar safety adu balap lintasan lurus. Balapnya sendiri akan mengacu pada regulasi balap 2022 yang telah ditentukan oleh IMI.


“Saya rencananya akan turunkan Kombi dan Kodok saya agar teman-teman media bisa mencobanya. Sekedar info saja, Kodok saya saat putaran 1 di Rumpin berhasil menang posisi pertama,” canda Pudji.


Selama acara, booth IMI akan standby untuk pembuatan Kartu Ijin Start (KIS) bagi para peserta dadakan yang ingin menjajal balap drag. Syaratnya hanya menunjukkan SIM reguler dan KTP. Bagi yang belum berumur 17 tahun, harus disertai surat ijin dari orang tua.


Nanang selaku Project Director dari LRT City Sentul dan Adhi City Sentul menyambut gembira adanya event ini. “Di area Sentul ini, kami memiliki beberapa lokasi properti, yakni LRT City Sentul, Royal Sentul Park, dan Adhi City Sentul. Untuk lokasi acara balap nanti akan berlangsung di Adhi City Sentul dengan luas area 120 hektar,” papar Nanang.


Nanang juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan sehingga pihaknya bisa sekaligus memperkenalkan kawasan yang sedang mereka bangun di wilayah Sentul tersebut. Melalui berbagai unggahan media, materi promosi, hingga pengunjung yang datang nantinya, diharapkan dapat membantu sosialisasi proyek property Adhi City secara lebih luas lagi.


“Saat ini kami sudah memasuki tahun ketiga untuk pengembangan Adhi City Sentul dan masuk tahun kelima bagi LRT City Sentul. Kami melakukan pengembangan kawasan berbasis transit premium development yang nantinya akan terintegrasi dengan stasiun LRT di tahap keduanya,” imbuh Nanang.

Jakarta Storm Speed (JS) sebagai Sponsorship VVC Go and Fast, diwakili founder sekalgus pimpinannya, R. Adi Yunadi Endjun mengungkapkan kiprah JS di acara ini merupakan bentuk pengembangan ke bidang selain olah raga basket yang selama ini dilakoni.


“Gelaran drag race VVC ini menjadi langkah awal bagi JS untuk serius terjun di dunia balap lintasan lurus dan dunia otomotif Indonesia," tutur Adi yang juga merupakan anggota klub VVC.


Pendukung Drag Race VW Series 2022, yang sekaligus merupakan induk dari semua klub VW di Tanah Air yakni VIA, juga turut mendukung perhelatan VVC Go and Fast ini.


“VVC bagi VIA punya ikatan khusus dan kedekatan sangat alami. VW Indonesia Asosiasi sendiri terbentuk karena peran teman-teman senior VVC juga," ungkap Ketua Harian VIA, Agus Sutanto.


"VVC ini senior yang tak pernah tua, bawaannya muda terus dan kencang. Memang benar-benar hebat,” gelak Agus.


Agus mengaku, pihaknya juga sudah menyiapkan piala khusus yang akan diberikan pada seri terakhir di Bandung. Harapannya dapat semakin memikat peserta untuk ikutan acara tersebut. Untuk menentukan pemenang, dihitung dari total nilai yang didapat dari masing-masing peserta mulai seri pertama hingga ketiga.


“Total sudah ada 90-an klub dan diharapkan bisa mengirimkan setidaknya minimal 1 unit mobilnya mewakili untuk ikutan di rangkaian drag race. Kalau kuota ini terpenuhi, bisa terbayang betapa ramainya acara ini,” ujar Agus.


Agus berharap, acara ini dapat menggugah para pecinta VW untuk ikut serta dan semakin meningkatkan hobinya. Ia juga berharap acara serupa bisa digelar di luar Jabodetabek seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan Lampung.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi