iklan jual beli mobil

Mengenal New Honda ADV160, Apa yang Baru?

konsumsi bbm honda adv160

Surabaya, Otojatim.com - Astra Honda Motor baru saja meluncurkan Honda ADV160 sebagai pengganti Honda ADV150. Meskipun tampak mirip, ada sejumlah perbedaan yang signifikan pada motor baru ini. Yang membuatnya lebih aman dan nyaman dikendarai.

New Honda ADV160 menggotong mesin baru 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 11,8 kW @8.500 rpm. Torsinya pun meningkat menjadi 14,7 NM @6.500 rpm.

Harga Honda ADV160 Surabaya

New Honda ADV160 didesain ulang layaknya urban explorer sejati yang tangguh dan kokoh. Bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang semakin tajam sehingga membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas, alhasil posisi duduk lebih selonjor dibanding ADV150.

Berubahnya bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi. Honda ADV160 mempunyai ruang penyimpanan sebesar 30 liter (bertambah 2 liter) untuk menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang.
bagasi honda adv160

Dari fascia depan, desain lampu masih dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Bagian belakang, matik adventure ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Makin manis, two step adjustabe windshield Honda ADV160 mempunyai aerodinamika yang semakin baik. Windscreen yang dengan tampilan ala motor besar, tingginya bisa disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.

Tinggi jok dari tanah kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan serta lebih mengakomodasi postur masyarakat Indonesia pada umumnya.

MPM Honda Jatim Kupas Teknologi Skutik Petualang ADV150 Versus PCX

Desain suspensi depan yang kokoh dan mempunyai jarak travel panjang daripada PCX, membuat pengendalian semakin presisi di kontur jalan apapun. Ditambah penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam pengereman dan tampak lebih macho.

Soal kenyamanan, twin subtank rear suspension memberikan rebound yang halus dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar tidak membuat mudah capek saat touring dikombinasikan dengan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

Konsumsi BBM Honda ADV160 pada hasil tes internal dengan metode WMTC-EURO 3 mencatatkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), sehingga mor ini bisa menempuh jarak sejauh 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.
suspensi honda adv160

Untuk memberikan kemudahan saat berkendara, panel meter full digitalnya berdesain baru, memiliki layar besar dan berkesan tangguh. Penguna motor ini sekarang bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter.

Selain dua hal baru tersebut, informasi lain pada MID antara lain indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

Soal keamanan, New Honda ADV160 telah dilengkapi Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

Terdapat pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic, New Honda ADV160 akan semakin safety. Khusus tipe ABS ini, terdapat teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC) seperti yang disematkan pada Honda Forza 250. Fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Selain itu, ada pula fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Hal ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Ciri khas Honda matik zaman now, menggunakan ACG starter agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) yang berfungsi mematikan mesin otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi