iklan jual beli mobil

Tips Merawat Rantai Motor Ala Yamaha STSJ: Biar Tidak Mudah Putus

tips merawat rantai sepeda motor

Otojatim.com - Rantai adalah sebuah komponen yang penting pada sepeda motor. Fungsinya sebagai penyalur tenaga dari mesin untuk menggerakan roda belakang. Lebih-lebih jika sepeda motor sering digunakan aktivitas harian, maka dibutuhkan perawatan guna menjaga performa rantai tidak menurun.

Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart dari PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengatakan,“Perawatan sepeda motor yang baik tentu akan memperpanjang umur dari kendaraan. Yang jelas akan mengurangi risiko kecelakaan pengemudi. Jadi sebelum bepergian, sebaiknya pengendara mengecek kondisi kendaraannya.”

“Rantai sepeda motor yang tidak dirawat berpotensi untuk putus di tengah jalan. Masa pakai ideal rantai itu sekitar 15 ribu kilometer dengan pemakaian normal,” jelasnnya.

Pengecekan kondisi rantai sepeda motor bisa dilakukan setelah melewati jarak tempuh 1.000 km. Sedangkan pelumasan bisa dilakukan setelah motor konsumen dicuci atau selesai berkendara di cuaca hujan.

Berikut ini adalah tips dari Yamaha STSJ agar kondisi rantai motor selalu dalam kondisi prima :

1. Perhatikan ketegangan rantai.
Pastikan setelan rantai tidak terlalu kencang, namun tidak terlalu kendur. Jika terlalu kencang, rantai berpotensi untuk putus. Sedangkan jika terlalu kendur, rantai berpotensi lepas dari gear.

2. Rajin membersihkan rantai.
Pemakaian kendaraan rutin akan membuat rantai terkena debu, kotoran, hingga air hujan yang berpotensi berkarat. Sehingga dapat mengurangi performa motor.

3. Gunakan pelumas rantai.
Rutin menggunakan pelumas rantai setiap 1000 km sehingga rantai tidak kering. Gunakan pelumas khusus untuk motor agar rantai tetap awet.

Beberapa cara diatas dapat diterapkan dalam upaya merawat rantai motor. Pada dasarnya, semua komponen perlu dirawat dan dijaga agar tetap memiliki performa yang baik dan umur yang panjang.

#ASLILEBIHBAIK
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi