iklan jual beli mobil

Ciri ciri Kampas Rem Motor Aus (Tips Yamaha STSJ)

kampas rem yamaha gear

Otojatim.com - Kampas rem adalah komponen penting yang harus diperhatikan dan harus mendapat  perawatan rutin secara berkala. Kondisi kampas rem yang tidak baik bisa mengakibatkan kehilangan daya pengereman.

Kondisi keausan kampas rem setiap kendaraan tentu berbeda-beda, tergantung bagaimana gaya dan cara pengendara dengan motornya.

5 Tanda Kapan Harus Segera Mengganti Kampas Rem Mobil

PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) sebagai main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara menganjurkan agar konsumen selalu jeli dalam memperhatikan kondisi kampas rem motornya. Kampas rem yang sudah aus bisa diketahui secara kasat mata.

Ilham Wahyudi, General Manager Service & Sparepart STSJ mengatakan bahwa “Pengendara yang sering memijak atau menarik tuas rem, tentu akan membuat kampas rem lebih cepat aus. Bobot muatan yang semakin berat juga akan semakin menambah beban kerja dari rem tersebut,” terangnya.
kampas rem yamaha
“Perlu diperhatikan dengan benar bagaimana kondisi kampas rem dari motor konsumen, karena komponen ini yang berfungsi untuk menunjang keselamatan pengendaranya,” tambah Ilham.

Menurut Ilham, berikut ini ciri kampas rem habis pada motor:

1. Tarikan atau injakan yang dalam
Gejala ini bisa dirasakan pada sistem rem tromol. Kampas yang menipis memperbesar jarak antara dinding kampas dengan dinding cakram atau drum sehingga membuat jarak tarik tuas rem semakin jauh.

2. Terdengar suara gesekan logam ketika rem diinjak/ditarik.
Hal yang paling mudah mengetahui kampas rem sudah habis adalah lewat suara yang berdecit pada area tromol atau cakram roda terjadi karena kampas sudah menipis.

Penting! Periksa 7 Bagian Ini Setelah Motor Melibas Banjir

3. Terlihat batas aus
Ada lubang yang membentuk garis pada dinding kampas. Jika lubang garis tersebut sudah menipis atau mulai tak terlihat, itu tandanya kampas harus diganti.

4. Minyak rem volumenya berkurang
Ketika kampas rem sudah aus, tentu penggunaan minyak rem akan lebih banyak (penurunan pada indikator). Ketika kampas rem sudah tipis, minyak rem berkurang banyak sehingga berujung pada tidak maksimalnya sistem pengereman.
kampas rem yamaha freego
Ilham memberi saran kepada pelanggan bila mengganti komponen sebaiknya menggunakan sparepart yang asli di bengkel resmi Yamaha. Komponen orisinil dari pabrik tentu sudah terjamin kualitasnya.

Informasi lengkap terkait bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi