iklan jual beli mobil

Tips Merawat Aki Kering Motor Honda Jenis Matic dan Cub

merawat aki kering motor honda

Otojatim.com - Aki merupakan komponen penting pada kendaraan, oleh karena itu perlu sekali merawat aki sepeda motor Anda. Selain fungsinya sebagai penyuplai arus listrik pada sistem, yang paling penting adalah untuk membantu ketika pertama kali menghidupkan motor melalui electric starter.


Setelah starter motor dapat dinyalakan, aki juga akan menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign dan lampu indikator lainnya.

Dari bahannya, aki dibedakan menjadi 2; yaitu Aki Basah dan Aki Kering. Pada aki basah memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Perlu diperhatikan, aki jenis ini perlu perawatan secara berkala, karena cairan di dalam aki harus tetap terjaga pada batas di atas minimal agar aliran arusnya bisa maksimal dan membuatnya tidak cepat rusak.

Aki Peugeot Anda Ngadat? Jangan Paksa Starter. Ini Daftar yang Perlu Dicek

Di dalam aki kering terdapat gel sebagai pengganti cairan elektrolit. Gel ini mempunyai sifat yang sulit menguap, bahkan bila menguap sekalipun, residu uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah. Bisa dikatakan aki ini maintenance free (bebas perawatan) dan tahan lama.

Berikut tips merawat aki motor yang bisa dilakukan dengan mudah oleh konsumen Honda di rumah. Langkah pertama adalah melakukan pengecekan ketinggian air aki setiap sebulan sekali. Tambahkan air aki jika ketinggian air aki berada di bawah garis minimum. Jangan sampai menambahkan air aki melebihi batas atas.

Langkah kedua adalah melakukan pengecekan tegangan aki secara berkala. Bila setelah diukur tegangannya berkurang, maka perlu ditambahkan muatan listrik dengan cara menyetrum ulang (jasa sterk aki). Terakhir selalu bersihkan terminal aki secara berkala dari kotoran atau karat agar aliran listrik selalu stabil.

Tahan Hingga 300 Celcius, Aki Massiv XP Kian Bertenaga

“Sebaiknya menghindari aksesoris dengan beban kelistrikan berlebih dan selalu panaskan motor secara berkala di pagi hari. Khusus untuk kendaraan yang mempunyai fitur honda smart key system maka wajib untuk mengatur posisi smart handle lock di posisi OFF ketika motor dimatikan,“ ujar Budi Purwanto selaku Kepala Bengkel AHASS MPM Motor Pasuruan.

PT Astra Honda Motor selaku produsen sepeda motor Honda di Indonesia mengeluarkan Battery pada sepeda motor Honda, yaitu produk Honda Genuine Battery. Tipe Battery yang umum digunakan di sepeda motor Honda adalah GTZ5S (31500KPH881) dan GTZ6V (31500KZR602).

Battery tipe ini biasanya digunakan pada sepeda motor Honda baik untuk tipe Matic dan Cub. Honda Battery sendiri mempunyai 5 keunggulan antara lain lebih aman, bebas bocor, lebih awet, lebih stabil dan anti tumpah. Untuk pemakaian normal yang dirawat secara teratur, Honda Battery bisa tahan hingga 2 sampai 2,5 tahun.

Konsumen bisa melakukan pemesanan spare part asli Honda melalui website resmi di www.mpmhondajatim.com ataupun melalui aplikasi Brompit. Honda Genuine Parts adalah suku cadang asli Honda yang direkomendasikan oleh PT. Astra Honda Motor.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi