MPM Honda Jatim Remap ECU, CRF150L Siap Trabas Tanpa Halu

remap ecu crf

Surabaya, Otojatim.com - Bagi para trabas mania khususnya pengguna Honda CRF150L kini enggak perlu galau soal performa motor trailnya. Dengan sedikit setingan di perangkat electric control unit (ECU), batasan-batasan yang membuat tenaga motor terasa kurang maksimal bisa diatasi dengan mudah.

Ya, MPM Honda Jatim selaku distributor motor Honda di Jatim dan NTT mempunyai layanan baru berupa Remap ECU untuk Honda CRF150L.

"Kami melihat bahwa penjualan CRF150L terbanyak ada di Jatim. Dan banyak pemilik CRF150L meningkatkan performanya dengan menggunakan part aftermarket, yang tentu saja menggugurkan garansi. Dari sini timbul ide, kenapa tidak sekalian kita fasilitasi dengan teknologi yang kami punyai seperti remap ECU," kata Yanuar Achmad selaku MPM Big Bike Manager.
Baca:
Di buku manual Honda memang disebutkan bahwa penggunaan part aftermarket akan menggugurkan garansi pabrikan. Oleh karena itu, daripada nanggung, MPM Honda Jatim sekalian memfasilitasi peningkatan performa Honda CRF150L dengan Remap ECU, plus dengan pengujian Dyno Test.

Biaya untuk Remap ECU ini tergolong murah. “Ongkos remap ECU CRF150L Rp500 ribu,” tukas Dodik Kuswinarno mekanik MPM Honda Bigbike, yang khusus menangani soal ini.

Memang, daripada keluar ongkos lebih besar mengganti ECU aftermarket, melakukan remap ECU orisinil bawaan CRF150L ini lebih praktis. Tanpa bongkar dan tidak memakan waktu lama.
biaya remap ecu motor crf 150
"Tergantung dari kondisi motor dan permintaan konsumen mau sampai seberapa. Nanti kami sesuaikan limiter RPM, asupan bahan bakar dan timing pembakaran supaya menghasilkan power yang optimal. Rata-rata pengerjaan berlangsung 10 hingga 20 menit," jelas mekanik yang pernah juara se-Asia Mechanic Contest 2018 ini.

Namun ada syarat untuk bisa memenuhi program ini. “Layanan ini khusus untuk Honda CRF150L yang sudah dimodifikasi seperti ganti knalpot atau modif yang lainnya. Untuk CRF150L yang masih standar tidak bisa ikut, karena masih garansi,” ucap Dodik.

Sebelum CRF150L diremap oleh tim dari MPM Honda Jatim, maka dipastikan dulu kondisi motor sehat atau baik.  CRF150L juga diukur power dan torsinya dengan Dyno Test.
Baca:
“Pengukuran dengan Dyno Test ini dua kali dan gratis. Sebelum diremap diukur dan setelah diremap diukur kembali. Ini untuk mengetahui peningkatan atau perubahan tenaga dan torsinya,” jelasnya lebih lanjut.

Dari beberapa CRF 150L yang sudah dimodif ganti knalpot kemudian diremap ECU oleh MPM Honda Jatim ini, rata-rata peningkatan performanya cukup lumayan. Powernya naik kisaran 20 persen dan torsinya sekitar 19 persen.
harga remap ecu standar crf 150 l
Honda CRF 150L standar memiliki daya 11,4 PS di 7200 rpm dan torsi 11,8 Nm pada 6500 rpm. Usai diremap ECU, tenaganya menjadi 13,7 PS pada 7700 rpm dan torsi meningkat pesat hingga 14 Nm di 6300 rpm.

Puguh, salah satu konsumen remap ECU CRF tidak khawatir soal garansi. “Sekarang mau trabas pakai CRF lebih enak karena power motor lebih besar. Dipakai sehari-hari pun lebih mantap. Tentang garansi motor yang hilang tidak apa-apa, selama saya servis rutin di AHASS Honda.”

Enaknya remap ECU di MPM Honda Jatim ini, bila pemilik ingin menjual motornya dan ingin mengembalikan ke kondisi awal, MPM bersedia menyeting ulang ECU ke kondisi semula. Tanpa ditarik biaya lagi.(*)
LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0