-->
close
Sepeda Jakarta-Surabaya

SATUDEALER Japanology

Progress pengerjaan interior Invicafe hampir mencapai tahap finishing. Soft opening dijadwalkan pada 8 Juni 2020.

Otojatim - Pelanggan Toyota yang akan menyervis mobil di SATUDEALER Invicta bakal mempunyai pengalaman unik.


Pasalnya semua ruangan bengkel yang beralamat di Jalan Ketintang Madya 113 ini disekat oleh kaca-kaca lebar. Mulai dari tempat Service Manager, gudang sparepart dan administrasi hingga customer yang berada di dalam Invicafe bisa memantau mobil yang sedang diservis. Inilah yang dinamakan konsep mieruka alias terbuka.

Mieruka (visualized)


Serba kaca dan tembus pandang. Setiap orang bisa mengamati proses pengerjaan servis kendaraan dari balik kaca Invicafe yang bernuansa Jepang 1975 ini.

Dan rupanya, filosofi mieruka ini juga diadopsi manajemen Invicta Toyota dalam menjalankan bisnisnya yang kerap melibatkan media.

Baca: SATUDEALER Bernuansa Jepang 1975

"Kenapa SATUDEALER Invicta sering dibahas di media? Karena kami ingin semuanya terbuka, supaya tumbuh kepercayaan atau trust di mata pelanggan," kata Royce Muljanto, selaku Mr President.

"Terbuka berbeda dengan jujur. Kalau jujur benar adanya setelah ditanya. Tapi kalau terbuka, kebenaran dari awal sudah bisa dipantau. Begitu juga dalam hubungan antara owner dengan karyawan, dampaknya akan timbul rasa saling percaya," lanjut Mr President.

Dengan menerapkan mieruka, maka owner, bagian sales dan service, customer bahkan generasi mendatang daripada orang-orang tersebut akan selalu bisa memahami budaya dan dinamika dalam SATUDEALER Invicta.

Takumi (craftsman)


Selain mieruka, SATUDEALER juga menerapkan unsur takumi. Makna takumi adalah pertukangan dengan estetika tinggi. Jepang dikenal dengan takumi yang presisi dan quality control ketat. Mereka diakui mampu mengerjakan hal-hal paling detail di dunia.

Termasuk dalam hal pembuatan mainan. Maka dipilihlah mainan dari bahan plastik atau besi yang berbeda dengan yang dijual di luar Jepang.  Semua barang-barang buatan Jepang untuk pasar domestik kualitasnya selalu lebih baik daripada yang diekspor. Kita mengenalnya dengan istilah JDM (Japan Domestic Market).
Salah satu sudut backdrop Invicafe dipenuhi mainan Jepang klasik

Saking idealisnya dalam membuat mainan, beberapa pabriknya yang zaman dulu ngetop sekarang bangkrut. Karena mempertahankan nilai takumi yang tidak murahan.

"Contoh-contoh mainannya sekarang masih bisa dinikmati di Invicafe," pamer Mr President.

Makoto


Filosofi yang ketiga adalah makoto, artinya dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Semua pekerjaan difokuskan pada satu titik. Yaitu kepuasan dan kebahagiaan pelanggan.

"Salah satu contoh, nantinya di Invicafe akan dihadirkan sirkuit tamiya untuk anak-anak usia 5-10 tahun. Hal ini untuk menanamkan kecintaan pada mobil tamiya, khususnya yang merek Toyota," terangnya.

Tak hanya urusan dengan benda-benda berbau Jepang. Mr President berencana menarik orang-orang asli Jepang untuk terlibat di Invicafe.

"Ke depannya nanti akan dibuka kerjasama dengan Sekolah Jepang yang ada di Surabaya. Dalam bentuk magang. Biar anak-anak Jepang itu tahu kalau kami ikut melestarikan heritage Jepang dan ada mainan klasiknya di sini," paparnya.

"Kalau perlu nanti dijadikan cagar budaya. Diresmikan kementrian pariwisata," seloroh Mr President.

Mr President yang dikenal perfeksionis ini tak main-main dengan rencananya. Bahkan nantinya cara menyapa pelanggan yang datang ke Invicafe juga dibuat mirip orang Jepang. Menunduk.

"Termasuk ketika menyilakan. Selamat makan atau menikmati hidangan. Diucapkan dalam bahasa Jepang. Snack dan merchandise pun dipilihkan yang ala Jepang."

Singularity Shinkasen Trajectory


Salah satu semboyan SATUDEALER Invicta adalah Singularity (Pemadatan), Shinkasen (Waktu) dan Trajectory (Lintasan).

Penjabarannya bisa dimulai dengan menyamakan jam buka SATUDEALER Invicta berikut Invicafe yang mengikuti jam buka di Jepang, selalu tepat waktu.

"Toko-toko di Jepang biasanya buka jam 10 pagi sampai jam enam sore, itu berarti dua jam lebih awal daripada waktu Indonesia. Supaya sama kami buka mulai jam 8 hingga empat sore," jelas Mr President.
Pelanggan bisa melihat langsung mobilnya yang diservis
"Untuk mendukung trajectory yang singkat, semua karyawan di sini wajib rumahnya dekat supaya bisa datang tepat waktu."

"Semua kegiatan kerja wajib tertulis. Dengan menulis waktu bisa dipadatkan. Tidak perlu mengingat-ingat, hanya perlu melihat tulisannya."

Kembali membahas Invicafe,"Konsep Invicafe adalah mengembalikan waktu. Caranya dengan menyajikan apapun yang mengingatkan akan suasana masa lalu. Sesuatu yang membangkitkan memori nuansa Jepang era 1975. Termasuk background lagu di dalam cafe ini," pungkasnya.

Invicafe adalah proyek terbaru Mr President untuk menghadirkan sesuatu yang belum pernah ada di dunia diler otomotif.
Grand Opening INVICAFE: 8 Juni 2020
Alamat: SATUDEALER Invicta, Jalan Ketintang Madya 113 Surabaya
LihatTutupKomentar