close
Harga Mobil Baru

Mobil Terlaris di Australia Bukan Sedan Lagi Melainkan Ute

Ute Jadi Favorit dan Penjualannya nomor satu di Australia

Melbourne, Otojatim.com Ute atau Double Cabin atau Pickup di Indonesia sulit bersaing bahkan hanya segelintir orang yang membeli mobil jenis ini. Selain stigma sebagai mobil niaga dan pertambangan. Mobil sejenis ini harus mengikuti KIR atau tidak bisa masuk ke jalanan protokol, Sehingga Ute sendiri tidak berkembanga maksimal di Indonesia.

Berbeda di Australia, Ute sendiri digunakan untuk semua hal. Baik berpergian ke lokasi kerja serta digunakan untuk jalan-jalan atau sekedar berbelanja. Bahkan mobil ini dipakai oleh Trader atau tukang di Australia. Karena bisa membawa barang dalam satu lokasi mobil. Lantas, siapakah yang menjadi juara dari kelas Ute dan mengapa dia dominasi penjualan mobil seluruh Australia.

Dikutip dari Caradvice.com.au, Toyota Hilux pemegang tahta penjualan mobil di Australia. Setelah itu nomor dua diduduki oleh Ford Ranger dan ketiga Toyota Corolla Hatchback. Hal ini jadi pertanyaan menarik, benarkah pasar Ute saat ini lebih menarik ketimbang sedan dan Hatchback sekaligus SUV yang katanya sedang naik daun.

Total Penjualan Mencapai 1 Juta Unit

Dalam data yang dikeluarkan oleh Federal Chamber of Automotive Industries, total penjualan mobil selama 2019 kemarin mencapai 1.062.867 unit. Pencapaian ini melebihi penjualan mobil tahun 2018 silam. Dibandingkan dengan penjualan mobil di Indonesia dari Januari sampai November baru mencapai 940.632 unit dikutip dari Tempo Otomotif.

Dengan target penjualan 1 juta unit, Toyota jadi pemimpin pasar di Australia. Bahkan Hilux masih bertengger di posisi teratas di kelas Ute. Meskipun model baru seperti Triton hadir dan gempuran dari Dodge RAM versi setir kanan dan Ford Ranger yang modelnya masih sama dan kabarnya akan hadir model baru pada 2021 mendatang.

Selain itu, Hatchback mereka Corolla sangat menarik perhatian semua orang. Ditambah SUV RAV4 dengan varian Hybrid baru saja masuk di akhir tahun. Kondisi ini sama seperti di Indonesia dimana Toyota jadi pemimpin pasar.

Tren Pasar Menurun tapi Ute bisa bertahan 

Sebenarnya pasar Ute itu sangatlah unik, dengan dukungan geografi dan budaya, sebenarnya Ute itu bisa jadi alternatif menarik untuk pengguna yang bosan dengan model MPV atau hatchback bahkan city car. Selain memiliki bak dengan kapasitas besar serta jadi kantor berjalan apabila anda seorang kontraktor atau bekerja di wilayak konstruksi.

Apalagi Indonesia sedang banyak pekerjaan konstruksi, mungkin Ute jadi alternatif buat mereka yang ingin nongkrong di mall sehabis berkunjung ke site atau angkut barang banyak tanpa perlu pusing lagi sewa pick-up. Karena itu, Ute jadi solusi buat mereka yang punya dua kegiatan dalam sehari.
LihatTutupKomentar