Toyota Jepang Blusukan Pelajari Kondisi Mengemudi di Indonesia untuk Kembangkan Mobil Ideal

Surabaya, Otojatim.com - Setelah menempuh perjalanan panjang lebih dari 1.000 km dari Jakarta selama 4 hari (12–15/11), rombongan principal Toyota Motor Corporation (TMC) beserta perwakilan dari Toyota Indonesia yang tergabung dalam project Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020, akhirnya tiba di kota Surabaya.

Surabaya merupakan tujuan akhir dari project 5 Continents Drive, untuk menerapkan pelajaran berharga yang mereka dapatkan setelah mengemudi langsung di berbagai kondisi jalanan Indonesia, khususnya pulau Jawa, sebagai modal utama untuk mewujudkan impian “Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow”.

Baca: Di Tengah Perang Dagang, Ekspor Toyota Indonesia Tembus 158.700 unit.

“Kami ucapkan selamat kepada rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020  yang bermodalkan semangat Genchi Genbutsu untuk mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya, telah berhasil menyelesaikan perjalanan panjang sejauh 1.000 km di Indonesia. Kami harapkan dapat menjadi pelajaran berharga yang turut mengembangkan kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota untuk senantiasa menghadirkan ever-better cars sebagai solusi terhadap kebutuhan mobilitas konsumen, termasuk di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata.

Perjalanan 5 Continents Drive merupakan project Genchi Genbutsu berskala global yang memberikan tantangan bagi karyawan Toyota untuk langsung belajar dari jalanan di seluruh dunia sekaligus mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, distributor, dealer, komunitas, dan karyawan sebagai stakeholders Toyota di berbagai belahan dunia, untuk dapat terus membuat “ever-better cars” bersama untuk masa kini dan masa depan.

Baca: Vietnam Batasi Ekspor Mobil Indonesia, Industri Otomotif Indonesia Bergejolak 

Sebelumnya di hari Senin (11/11), beberapa perwakilan tim 5 Continents Drive memperoleh kesempatan untuk mengunjungi rumah konsumen untuk melihat secara langsung aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh konsumen. Pada kesempatan ini, tim mendapatkan banyak pelajaran penting mengenai kondisi jalan yang konsumen lalui serta kebutuhan konsumen Indonesia terhadap mobilitas yang beragam dan unik.

Selain itu, di hari yang sama tim juga melakukan diskusi dengan pihak dealer Toyota di Jakarta untuk mendapatkan gambaran kondisi pasar Indonesia serta menerima saran dan masukan yang konsumen sampaikan kepada pihak dealer terhadap produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia.

Selanjutnya pada Rabu (13/11), dalam perjalanannya ke kota Cirebon tim 5 Continents Drive melakukan kunjungan ke salah  satu dealer dari group Toyota global. Usai melakukan pertemuan dengan dealer, perjalanan tim 5 Continents Drive di Indonesia berlanjut ke kota Solo hingga Kamis (14/11), dimana tim merasakan jalan tol Trans Jawa sebagai penghubung utama antar kota di pulau Jawa.

Melihat perkembangan infrastruktur jalan tol di Indonesia yang cukup pesat menarik perhatian engineer Toyota yang tergabung dalam rombongan 5 Continents Drive, dimana kini jalan tol telah menjadi akses penting bagi konsumen di Indonesia.

Setelah beristirahat dan menikmati cita rasa kuliner di kota Solo, tim 5 Continents Drive melanjutkan perjalanannya ke salah satu destinasi pariwisata yang paling digemari oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara yaitu Gunung Bromo pada Jumat (15/11) pagi sebelum akhirnya mengakhiri perjalanan di Surabaya pada sore hari.

Sambil merasakan kondisi jalan yang cukup terjal di wilayah Bromo, tim 5 Continents Drive gunakan momen ini untuk berdiskusi dengan komunitas Toyota Fortuner yang dikenal dengan nama ID42NER yang kerap melakukan perjalanan ke Gunung Bromo dan beraktivitas di sekitarnya. Bagi Toyota, komunitas tidak hanya bagian dari stakeholders namun juga sebagai bagian dari keluarga besar Toyota.

Toyota melalui tim 5 Continents Drive telah merasakan secara langsung tantangan sekaligus keunikan dalam berkemudi di Indonesia mulai dari jalan tol yang selalu padat dan tidak pernah lepas dari kemacetan, tekstur aspal yang tebal dan beton yang keras, kontur jalanan yang naik-turun, hingga jalan raya antar kota yang masih banyak digunakan oleh konsumen di Indonesia.

“Toyota Kijang dan Toyota Avanza menjadi bukti komitmen kami untuk terus menguatkan semangat Genchi Genbutsu dalam mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobilitas. Berbagai pelajaran berharga yang kami dapatkan dari project 5 Continents Drive Asia 2019–2020 akan kami jadikan modal utama untuk menghadirkan ever-better cars baik di masa kini maupun di masa depan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Tim 5 Continents Drive di Indonesia terdiri dari 27 perwakilan dari principal Toyota Motor Corporation (TMC) dan 4 perwakilan dari Toyota Indonesia. Mereka menggunakan 9 produk unggulan yang sudah terbukti sanggup memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen di Indonesia hingga kini yaitu Kijang Innova, Fortuner, Avanza-Xenia, dan Rush, hingga 4 produk yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi yaitu C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi