Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Produktivitas Dibangun dari Tim Sales yang Solid

Arik Triono (paling kiri), SPV Invicta Toyota bersantai bersama tim.

Surabaya, Otojatim.com - Ngobrol santai bersama supervisor yang baru saja tembus target 54 unit di minggu lalu, Arik Triono SPV Invicta Toyota ini membeberkan kiat-kiatnya membangun tim yang solid.

Menurut Arik, tim yang solid bisa meningkatkan produktivitas. Tujuan akhir bisa diraih dengan tim yang seiya sekata, bergerak dalam satu komando.

"Untuk membangun tim yang solid, ada yang harus diberikan kepada mereka. Yang sederhana saja, misalkan seorang sales mampu memenuhi target dalam minggu pertama, kita berikan kaos tim atau seragam tim," jelas Arik.

Baca: Bina Persahabatan, Sekali Menanam Bisa Petik Berkali-kali.

"Itu adalah hal-hal yang saya ciptakan dalam tim saya. Dulu mungkin ada istilah reward and punishment, tapi untuk tim saya cukup reward saja tanpa punishment. Jaman sekarang loyalitas tidak bisa dibangun dengan punishment," lanjutnya.

Seperti yang dialami tim Arik bulan ini yaitu memenangkan kontes 54 SPKBAST di cabang Invicta Toyota. Otomatis mendapatkan reward dari perusahaan berupa uang cash sebesar Rp.5 juta. Lantas dana ini sesuai kesepakatan tim akan dipergunakan untuk rekreasi ke kota Batu bersama-sama.

"Refreshing ini saya anggap reinvestasi. Gak papa kita keluarkan dana untuk tim. Kita menghargai jerih payah mereka yang mencari nafkah buat keluarga. Nanti sepulang rekreasi, otak jadi fresh dan di lapangan jadi giat kembali," tutur pria hitam manis ini.
Jeda meeting team di sales poin Invicta Toyota, Jalan Ketintang Madya 74 Surabaya

Tentu saja kegiatan ini akan menambah semangat para salesman di tim Arik Triono. Namun Arik membatasi hanya kepada salesman yang jualan saja yang boleh ikut. "Untuk yang belum jualan dipending dulu, berlatih di kandang supaya lebih semangat."

Sebenarnya bukan hanya hadiah dari kantor yang Arik pergunakan untuk kegiatan tim. Arik mengaku bahkan pendapatan dia pribadi dia alokasikan sebesar 40 persen untuk membantu kelancaran operasional tim.

Baca: Nyanyi Sambil Jualan Mobil, Ronny Raup 18 SPK Tiap Bulan 

"Anak-anak butuh pameran, flyer, cetak banner dan alat-alat peraga penjualan semuanya dari swausaha teman-teman sendiri. Saya pun juga terus membantu, supaya mereka tetap loyal, dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk kebutuhan-kebutuhan logistik perangnya anak-anak di lapangan."

Bahkan tak hanya urusan soal logistik pameran, Arik juga kerap menyediakan waktu untuk konseling.

"Macam-macam, tidak melulu urusan pekerjaan. Kadang ya urusan pribadi, keluarga bahkan sampai percintaan," tukasnya.

Sama seperti memimpin awak kapal, semua tergantung sikap nakhoda dalam mengayomi anak buahnya. Terbukti dengan solidnya tim Arik, berkali-berkali berhasil tembus target yang ditetapkan perusahaannya. Invicta Toyota.

Ruang sales di Invicta Toyota, Jalan Ketintang Madya 74 Surabaya
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky