Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Bina Persahabatan, Sekali Menanam Bisa Petik Berkali-kali.

Agus Priyo Irawan, Sales Supervisor PT. Liek Satu Invicta (Invicta Toyota) berpose di Toyota House, Jalan Ketintang Madya 74 Surabaya

Surabaya, Otojatim.com - Membina hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang mutlak bagi seorang salesman. Tak jarang hubungan pekerjaan ini menjadi jalinan persahabatan.

Tak terkecuali seorang Agus Priyo Irawan, Sales Supervisor PT. Liek Satu Invicta (Invicta Toyota) ini menegaskan kepada jajaran anak buahnya untuk selalu membina hubungan baik dengan pelanggan yang berkualitas.

"Yang selalu saya sampaikan kepada teman-teman sales, kita mulai membentuk hubungan itu ibarat menanam berlanjut sampai perawatan, jadi memetik buahnya tidak cuma sekali, tapi bisa berkali-kali," kata Irawan.

Baca: Nyanyi Sambil Jualan Mobil, Ronny Raup 18 SPK Tiap Bulan

Hubungan yang berkualitas adalah hubungan yang sampai pada tahap mengenal pribadi masing-masing, alias persahabatan, menurut Irawan.

"Saya selalu mencontohkan untuk selalu melakukan kunjungan kepada pelanggan, baik  orangnya sudah beli atau belum beli. Minimal tiap harinya whatsapp ataupun teleponan. Karena tidak menutup kemungkinan, customer itu ada rencana ganti mobil atau bahkan nambah armada kendaraannya. Syukur-syukur kita diberi referensi," papar pria berhidung mancung ini.

Irawan lantas bercerita tentang hubungan eratnya dengan pelanggan yang berlatar belakang owner pabrik rokok tradisional.

"Dari kunjungan itu, paling tidak kita bisa mendengar keluh kesah pelanggan. Ataupun menerima masukan-masukan dari mereka."

"Orang itu paling suka didengar. Bahkan tanpa kita memberi komentar pun, mereka merasa masalahnya selesai bila curhat dengan orang yang dipercaya. Terlepas itu urusan bisnis, keluarga, hobi dan macam-macam."
Prinsip Irawan adalah DUIT: Doa Usaha Iman dan Tawakal - Lokasi Foto:Toyota House, sales poin Invicta Toyota
Dari hubungan baik ini, Irawan kerap mendapat repeat order. Pelanggannya ini sering membeli mobil untuk para suplier tembakau di pabriknya. Mulai dari Toyota Rush, Innova sampai dengan Fortuner dan Land Cruiser.

Tak jarang, kebutuhan unit merek lain pun disampaikan kepada Irawan. Irawan yang mempunyai koneksi luas ini akhirnya harus membantu menyuplai Rubicon bahkan sampai Ferrari.

"Salesman itu mirip wartawan. Tidak menutup kemungkinan mengetahui dan menguasai hal-hal di luar pekerjaan. Itulah sebabnya, saya malah yang lebih sering diajak janjian ngobrol oleh customer masalah bisnis, keluarga dan lain-lain," ungkap Irawan yang berjualan Toyota sejak 2010 ini.

"Sampai suatu saat beliau minta dicarikan cengkeh dalam jumlah banyak. Karena kebetulan saya punya link, maka saya kenalkanlah dengan relasi saya yang punya cengkeh dan akhirnya berjalan."

"Sebetulnya saya tidak menguasai bidang itu, tapi ya sudahlah yang penting hubungan tetep terjaga dengan baik. Endingnya juga baik buat kita," kata Irawan sambil terkekeh.

Baca: Lewat Heri Chung, Invicta Tak Cepat Puas Meski Target Hampir Tuntas 

Terakhir pesan Irawan, agar jangan lupa memberikan tanda terima kasih kepada konsumen yang telah membeli Toyota.

"Memberi sesuatu itu yang menarik dan yang tidak langsung habis. Misalkan pulpen suvenir."

Irawan kerap membelikan customernya dengan suvenir jenis ini. Banyak pelanggannya yang suka, dan menaruhnya di meja kerja sebagai hiasan atau memang dipakai menulis.
Salah satu sudut Toyota House, bernuansa Jepang
"Ada beberapa teman sales lain membawakan makanan seperti pizza. Tapi seperti itu kan customer bisa beli. Kecuali makanan yang branded dan mahal tentunya berkesan. Tapi kalau dipikir itu malah menggarami air laut, lagi pula langsung habis dimakan. Momennya juga langsung berakhir."

"Ada pulpen merek Cina yang tidak akan macet apabila tidak habis tintanya. Jadi pas tintanya habis, saya kirim lagi ke mereka, sekaligus kesempatan ngobrol untuk menggali kebutuhan pengadaan unit dan lain-lain," tutup Irawan.

Irawan bergabung menjadi Sales Supervisor di Invicta Toyota sejak 2018. Dari 2010 hingga sekarang, dia dikenal sebagai spesialis penjual Toyota varian premium.

Baca artikel lain: Ruangan Bergaya Jepang ini Bisa Disewa untuk Acara Keluarga, Arisan dan Meeting  
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky