Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Dendo Drive House, Instalasi Solar Panel untuk Pengisian Baterai Mobil Listrik

dendo drive house
Maket implementasi charger mobil solar panel, Dendo Drive House

Jepang, Otojatim.com - Menyerap sinar matahari menjadi listrik untuk mengisi baterai mobil elektrik adalah ide yang luar biasa. Penggunaan sumber daya alam untuk kebutuhan energi yang berkesinambungan bisa sangat membantu menghemat pengeluaran tagihan bulanan.

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) kini menjual instalasi charger bertenaga surya bagi konsumennya uang mempunyai kendaraan listrik dengan sebutan Dendo Drive House (DDH).

Keberadaan instalasi pengisian listrik bertenaga solar panel ini dinilai mampu memecahkan masalah bagi pemilik kendaraan listrik seperti Outlander PHEV di perkotaan. Tagihan PLN yang membengkak menjadikan beberapa orang pikir-pikir dalam membeli mobil listrik.

Baca: First Drive Mitsubishi Outlander PHEV, Wah Terasa Senyap Sekali 

Konsep Dendo Drive House diperkenalkan di perhelatan Geneva Motor Show 2019, Maret lalu.

Teknologi ini mampu mengurangi jumlah tagihan listrik dan biaya bahan bakar, menyediakan sumber listrik darurat, dan membuat sumber listrik yang lebih sustainable.
charger mobil solar panel
Energy Flow of DENDO DRIVE HOUSE

Sistem DDH terdiri atas panel surya, baterai penyimpanan di rumah, modul DC to AC, dan bi-directional charger. Dengan begitu Anda bisa mengalirkan listrik dari rumah ke mobil. Ataupun dari mobil ke rumah.

DDH membagikan energi listrik secara otomatis antara mobil PHEV dan rumah Anda. Kalau pada Mitsubishi Outlander PHEV memiliki fitur sebagai listrik cadangan bagi rumah, sistem pada DDH ini sama, namun dengan fitur yang lebih canggih.

Baca: Mitsubishi Motors Serahkan Mobil Listrik Sebagai Bahan Studi Kemenperin

Cara kerjanya dari panel surya menyimpan energi listrik ke baterai rumah pada siang hari. Lalu di malam hari tenaga dari baterai DDH dapat digunakan untuk menyalakan listrik rumah dan atau mengisi ulang daya pada mobil PHEV Anda.

Saat listrik rumah padam, sistem ini juga bisa menyuplai listrik yang sudah tersimpan untuk memberi daya ke rumah. Dengan begitu tentu akan menghemat biaya tagihan PLN.

Mitsubishi Motors menjual DDH sebagai paket dalam pembelian mobil Mitsubishi PHEV di beberapa negara seperti, Jepang, Jerman, dan Australia. Di Indonesia, Mitsubishi sudah menjual mobil listriknya yaitu Outlander PHEV. Tidak menutup kemungkinan di masa mendatang, MMKSI selaku pemegang merek Mitsubishi di Indonesia turut menjual paket sistem Dendo Drive House ini.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky