Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Gunakan Handphone Saat Berada di Drive-Thru Makanan Cepat Saji Kok Ditilang?

ditilang pakai hape nyetir
Pakai Handphone di Drive-Thru sama saja melanggar aturan 

Melbourne, Otojatim.com Mungkin semua orang akan bertanya kok bisa gunakan handphone di dalam mobil dan berada di Drive-Thru Restoran Cepat Saji bisa kena tilang. Pastinya semua orang akan berpikir, itu salah besar atau kan mobil-nya sedang berhenti. Ternyata semua logika dan alasan itu semua terpatahkan jika kamu berada di Melbourne, Victoria.


Dikutip dari ABC Australia, penggunaan handphone saat berkendara di negara bagian Victoria sangat haram sekali. Karena sekali ketahuan oleh Polisi, denda pun langsung datang ke rumah anda. Bayangkan denda untuk penggunaan handphone selama berkendara bervariasi mulai dari 300 Australia Dollar sampai 500 Australia Dollar, atau berkisar 3 sampai 5 Juta Rupiah.

Baca juga: F1 Australia: Awal Musim Yang Dimanfaatkan Baik Oleh Mercedes 

Karena penggunaan handphone untuk pembayaran sudah jamak sekali dilakukan di era digital ini, Kepolisian Victoria di laman Facebook mereka melempar polling ke masyarakat apakah bisa gunakan handphone selagi di mobil untuk pembayaran di drive-thru makanan cepat saji. Alhasil, jawabannya 65 persen bisa.

Namun, jawaban mayoritas tadi salah besar. Karena menurut Kepolisian Victoria sendiri penggunaan handphone harus dilakukan saat mobil berhenti, rem tangan ditarik dan mesin dimatikan. Karena jika tidak dilakukan hal tersebut, otomatis akan mendapatkan penalti sebesar 484 Australia Dollar dan potongan poin sebesar 4 poin.

Baca juga: Freestyler Australia Kepincut Indahnya Indonesia 

Cukup mengerikan bukan, tetapi masalah ini masih menjadi perdebatan tatkala Drive-Thru Restoran Cepat Saji sendiri masuk ke ruangan pribadi. Tapi namanya di dalam kendaraan apalagi mobil harus tetap patuhi peraturan yang berlaku.

Drive-Thru Masih Masuk Ruang Publik

Masih soal masalah diatas, menurut pakar keselamatan Lalu-Lintas di Australia Selatan, Karen Stanley, dikutip dari ABC Australia mengemukakan kalau Drive-Thru itu masih masuk ruang publik. "Jadi, walaupun Drive-Thru masuk kategori ruang pribadi, tetap saja masuk ke ruang publik karena kendaraan lalu-lalang di jalan."

Sedangkan komentar Polisi Senior dari Adelaide memperkuat statement dari Karen Stanley, "Layanan Drive-Thru sama hal-nya dengan parkiran mobil, masih dikategorikan area jalan raya karena masih terbuka untuk publik berkendara atau parkir kendaraan dan peraturan itu masih berlaku," ujar Inspektur Cynthia Healey dikutip dari ABC Australia.

Memang, jika tak mau didenda sebesar itu mungkin lebih baik gunakan kartu kredit atau uang saja untuk pembayaran. Atau parkir kendaraan dan pesan didalam restoran apabila ingin gunakan smartphone.
Share on Google Plus

About Adiyasa

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky