Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Australia: Awal Musim Yang Dimanfaatkan Baik Oleh Mercedes

Mercedes


Otojatim (Melbourne)- Setelah 2 kali tes pramusim di Catalunya, Spanyol balapan F1 bergulir untuk tahun ini di seri pertama di Australia pada 17 Maret. Grand Prix Australia sendiri adalah yang tertua di benua Australia sekaligus Oseania karena digelar perdana pada 1928 di Philip Island dimana tempat ini menjadi sirkuit utama untuk gelaran Motogp. Balapan di Australia sendiri beberapa kali berpindah tempat dari Bathrust, Adelaide sampai Albert Park di Melbourne kini. Sirkuit Albert Park memiliki panjang 5,3 km dengan 83 kali penyelenggaraan balap dan balapan berlangsung selama 58 putaran.

Akan tetapi, balapan ini dimulai dengan mengheningkan cipta bagi salah satu tokoh penting balap F1, Charlie Whiting. Kakek berusia 66 tahun ini meninggal dunia pada 14 Maret sebelum balapan di Australia dimulai. Ia merupakan direktur balap yang malang melintang di dunia F1 dalam hal perumusan regulasi dan standarisasi sirkuit balap untuk balap jet darat.

Tapi, awal musim yang kelabu ini tetap dimanfaatkan dengan baik oleh Mercedes sehingga mereka memimpin klasemen pebalap dan konstruktor dengan instan. Adalah Valtteri Bottas yang meraih kemenangan perdana di 2019. Ia bersama Lewis Hamilton merajai balapan selama 58 putaran itu tanpa cela satupun. Hanya saja pertempuran terjadi antara Max Verstappen dari Red Bull dengan Sebastian Vettel dari Ferrari. Meski tahun ini menggunakan mesin Honda, Max nampak sumringah tanpa menyadari kalau mesin asal Jepang ini kekurangan tenaga sekaligus lemah di bagian ketahanan adalah momok mengerikan baginya. Pada lap ke-31, Pebalap Belanda ini menyalip Vettel untuk meraih podium ketiga sementara Vettel dan rekan setimnya, Charles Leclerc finish keempat dan kelima.

Dengan ini, Mercedes meraih kemenangan keempat di Australia sejak 2014-2016 silam dan melalui duet Bottas-Hamilton mereka meraih angka 44 poin atau memimpin puncak klasemen konstruktor. Sementara, Ferrari hanya meraih 22 poin dan Red Bull Honda meraih 15 poin saja. Adapun Bottas meraih 26 poin atau memimpin klasemen pebalap disusul Hamilton dengan 18 poin dan Max Verstappen dengan 15 poin.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky