Siapakah Sosok di Balik Terciptanya Mitsubishi Xpander Rally AP4?

Jakarta, Otojatim.com - Kehadiran Mitsubishi XPANDER AP4 pada ajang Telkomsel IIMS 2019, menjadi magnet baru bagi para pengunjung. Mobil MPV yang kini tengah naik daun ini telah berubah tampilan menjadi mobil rally yang siap menaklukan rintangan. Namun siapa sangka, munculnya mobil rally tersebut ini merupakan sinergi antara PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan pereli nasional sekaligus product ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar.

“Ide ini (menghadirkan Mitsubishi XPANDER AP4) berasal dari Mas Rifat. Secara produk, dia mengetahui teknis dan kapabilitas mengenai Mitsubishi XPANDER ini, apakah mumpuni di ajang motorsport. Rifat merupakan anak bangsa, semua yg dikreasikan baik itu ide, rancangan dari sisi teknis, semua benar-benar dilakukan oleh Rifat. Karena memang beliau sudah paham luar dalam Mitsubishi XPANDER dan regulasi rally,” ujar Budi D Daulay, Deputy Group Head of Sales and Dealer Management Area 1 PT MMKSI.
pencipta xpander rally ap4
Pebalap rally nasional Rifat Sungkar.
Untuk mewujudkan Mitsubishi XPANDER AP4 ini bukanlah hal yang sebentar. Meskipun terlihat sudah matang akan persiapan, namun menurut Intan Vidasari, perumusan tersebut sudah memakan waktu yang cukup panjang hingga benar-benar terbentuk seperti sekarang. Bahkan, project Mitsubishi XPANDER AP4 ini juga seperti melanjutkan kiprah model Pajero Sport yang telah lebih dulu menjadi pacuan balap Rifat di Speed Offroad.

Baca juga: Modifikasi Mitsubishi Xpander AP4 Concept, Tampilan Ekstrim Rally Look 

“Kami berdiskusi cukup panjang untuk menghasilkan Mitsubishi XPANDER AP4 ini. Dulu itu Rifat juga kita sponsori untuk ikut Speed Offroad dengan menggunakan Mitsubishi Pajero Sport. Kalau saat ini, apa iya kita menggunakan Mitsubishi XPANDER untuk speed offroad? Sehingga ini akan digunakan untuk balap rally,” tambah Intan Vidasari, Deputy General Manager of Coordination & Development Office PT MMKSI.

Sementara itu, Rifat Sungkar, sebagai sosok dibalik layar terciptanya Mitsubishi XPANDER AP4 ini, juga menceritakan bagaimana dirinya sampai bisa benar-benar membuat Mitsubishi XPANDER ini untuk siap menjadi mobil balap yang kompetitif di atas lintasan rally.

“Kendaraan ini memang MPV, tapi memiliki sasis dan karakter Mitsubishi Evo sehingga saya merasa mobil ini memiliki karakter yang pas untuk dijadikan mobil rally AP4. Di mana dalam ajang rally ini, kendaraan yang digunakan yaitu kendaraan yang dijual secara masal. Oleh karena itu, XPANDER ini sangat memungkinkan untuk dimodifikasi dan turun di ajang balap rally,” tandas Rifat Sungkar.

Mengenai wujud yang saat ini beredar, dikatakan pihak MMKSI tampilan tersebut bukan wujud aslinya. Untuk tampilan aslinya akan dipersembahkan oleh MMKSI dalam gelaran GIIAS yang akan digelar beberapa waktu mendatang
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi