Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Hasil Uji Tabrak Wuling Confero Buruk, Begini Kata Petinggi Wuling Indonesia

Karawang, Otojatim.com - Sempat bertengger di 10 besar penjualan mobil terlaris Indonesia bukan berarti Wuling Confero tampil tanpa cela. Kabar mengejutkan dari pabrikan mobil asal Cina ini bahwa kendaraan tersebut menuai hasil yang buruk dalam uji tabrak alias cuma mendapatkan rating 1 bintang dari ASEAN NCAP. Agar lolos dengan nilai sempurna, sebuah mobil haruslah mendapatkan rating 5 bintang.

ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) adalah lembaga yang diakui dunia untuk menilai rating keselamatan sebuah kendaraan baru di tingkat Asia Tenggara. Ada 9 region di seluruh dunia di bawah naungan Global NCAP yang masing-masing mempunyai standar penilaian rating keselamatan yang didapatkan dari serangkaian tes termasuk uji tabrak.

wuling confero asean ncap
Slide presentasi ASEAN NCAP Safety Course, Karawang 13 November 2018. Wuling Confero skor 1 bintang.

Kembali pada Wuling Confero, kabar ini kami dapatkan ketika mengikuti presentasi ASEAN NCAP Vehicle Safety Course di Karawang (13 November 2018) yang diprakarsai oleh MIROS (Malaysian Institute of Road Safety Research).

Di akhir sesi presentasi, Yahaya bin Ahmad wakil ASEAN NCAP mengatakan bahwa Wuling Confero yang dites pada bulan November 2018 hanya mendapatkan rating 1 bintang saja. "Hasil pengujian pada Wuling Confero mendapatkan nilai rendah. Ini disebabkan Confero tidak mengadopsi fitur keselamatan pasif seperti airbag," kata Yahaya sambil menunjukkan slide rating plate Wuling Confero.

Hasil ini memang belum diunggah di website resmi mereka (aseancap.org) maupun di akun Youtube-nya. Bisa jadi masih dalam proses karena memang baru saja di bulan ini (November) dilakukan pengetesan.

Menanggapi hal tersebut, Dian Asmahani selaku Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) memberikan penjelasan bahwa pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP tersebut menggunakan Confero tipe yang paling standar (terbawah), bukan tipe-tipe di atasnya.

"Pengujiannya memakai Confero yang standard (varian terbawah) yang sebenarnya sudah sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia. Mengenai fitur keselamatannya pun sudah dilengkapi dengan Auto Door Lock by Speed, ISOFIX, Safety Child Lock & Seatbelt Reminder for both the driver and co-driver," papar Dian ketika kami hubungi via Whatsapp.

Dian mengakui untuk Wuling Confero tipe paling bawah belum mengadopsi airbag.

"Kalau di varian tertinggi yaitu Confero S sebetulnya telah memiliki semua fitur keselamatan yang ada pada Confero standar, ditambah dengan Dual SRS Airbag, TPMS, sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir belakang, ABS+EBD, dan cakram rem belakang," kilahnya.

Sementara itu Yahaya dari pihak ASEAN NCAP menerangkan bahwa untuk pengujian kendaraan memang diharuskan memakai "the lowest version" alias tipe paling bawah. "Karena apabila menggunakan tipe paling atas, hasilnya tidak merepresentasikan keseluruhan lineup produknya," jelasnya.

Wuling Confero sendiri dijual dengan harga yang sangat kompetitif dibanding kendaraan sejenis. Merek ini menjadi mobil terlaris di negeri asalnya. Di Indonesia, Wuling Confero dibanderol dengan rentang mulai Rp134 jutaan hingga Rp 171 jutaan. Wuling menjadi salah satu pilihan favorit konsumen Indonesia, terbukti mampu menyodok di urutan 10 besar merek-merek kendaraan papan atas di tahun pertama penjualannya.

Harga Wuling Confero 2018 (BBN Jakarta)
Confero 1.5 Rp134,8 Juta
Confero 1.5 Double Blower Rp136,8 Juta
Confero  S 1.5 C Rp156,9 Juta
Confero S 1.5 C Lux Rp158,9 Juta
Confero S 1.5C Lux Plus Rp159,9 Juta
Confero S 1.5 L Rp168,9 Juta
Confero S 1.5L Lux Rp170,9 Juta
Confero S 1.5L Lux + Rp171,9 Juta

Baca juga:
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

2 komentar:

  1. Beritanya menarik sekali,sangat inspiratif..terutama utk masalah safety

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya...teruskan dalam memberi informasi yang menarik dan bermutu

    BalasHapus

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai