Tips untuk Mengetahui Kapan Ban Harus Diganti

waktunya ganti ban
Ban yang Harus Diganti (Foto: humblemechanic)

Sebagai salah satu bagian penting dari kendaraan, ban perlu dirawat dan diganti jika rusak. Namun tak sedikit orang yang tidak tahu bahwa ban mobil mereka harus diganti. Ban mobil rusak dapat berakibat pada penurunan performa mobil atau bahkan dapat membahayakan perjalanan.

Berikut ini beberapa tips untuk mengetahui kapan ban mobil harus diganti:

1. Tread (pola tapak) ban yang rata

Fungsi utama dari tread ban yaitu mengalihkan air dan mencegah hydroplaning. Jadi ban akan menjadi tidak aman jika tread menurun kedalamannya menjadi sekitar 1.6 mm saja atau kurang.

2. Melihat pola tread ban

Pola tread ban yang tampak rusak menandakan bahwa ban perlu untuk diganti. Kita bisa memperhatikan adanya pola yang tiba-tiba lebih rata atau tergores.

3. Mengecek kedalaman tread ban

Koin bisa dijadikan alat bantu untuk melihat seberapa kedalaman tread ban. Jika tread ban menurun sampai hampir rata maka ban perlu diganti. Selain koin, ada alat khusus yang bisa digunakan untuk melihat kedalaman dari tread ban.


4. Memperhatikan kondisi tread ban yang tidak biasa

Kondisi tread ban yang tiba-tiba penyok atau menyusut perlu diperhatikan apakah ban mobil mengalami kebocoran.

5. Ban yang menggembung

Bagian samping ban perlu diperhatikan apakah ada bagian yang menggembung atau tidak. adanya bagian yang menggembung menandakan bahwa lapisan dalam ban terjadi kerusakan.

6. Memperhatikan getaran pada setir

Pengemudi bisa merasakan apakah ban dalam kondisi baik dengan memperhatikan getaran saat berkendara. Getaran yang tak biasa bisa disebabkan oleh masalah pada ban seperti ban yang kempes.

Sponsor -- Pilih Promo Diler Sesuai Kota

Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen