Ferrari 512 TR, Mobil Kebanggaan Para Pecinta Arcade Game

Ferrari F512TR Testarossa. Foto/Naskah: Berto Adinata Pramadya

Jakarta, Otojatim.com - Selain Enzo Ferrari, sang pendiri maupun Michael Schumacher sebagai pebalap juara dunia F1 di era 2000'an memang ada seseorang mampu sejajar dengan mereka yang membuat nama Ferrari terkenal, Dia bernama Yu Suzuki. Pembuat game asal Jepang ini bekerja di AM2, divisi arcade game dari perusahaan ternama Sega yang melahirkan game balap terbaik pada 1986 bernama Outrun.

Outrun ini merupakan video game terbaik yang pernah dijual sepanjang masa sehingga mampu berdiri sejajar dengan Mario Bros, Pac Man maupun maskot dari Sega itu sendiri, Sonic. Mengapa Yu Suzuki berhasil menjadi orang yang membuat nama Ferrari terkenal? Karena dia menggunakan Ferrari Testarossa sebagai mobil utama dalam game balap ini. 

Testarossa merupakan Ferrari bermesin V12 yang lahir pada 1984-1996. Mobil ini diluncurkan di Paris Motorshow 1984 dan langsung menjadi mobil paling berpengaruh di dunia akibat tampil perdana di film seri Miami Vice.

Desain mengotak dan seksi karena merupakan pengembangan dari 512i BB, membuat Testarossa menjadi trendsetter pada era `80 an pertengahan. Soal mesin, mobil ini menggunakan V12 berkapasitas 4.900 cc yang mampu menghasilkan tenaga 390 dk. Akselerasi dari  0-100 km/jam dalam waktu 5,3 detik dan kecepatan tertinggi adalah 290 km/jam.

Ada beberapa nama-nama tenar yang pernah menggunakan mobil ini seperti  Elton John, Alain Delon, O.J. Simpson, Rod Stewart, Michael Jordan, Mike Tyson, John Carmack, Dr. Dre, Suge Knight,Gerhard Berger, dan Don Johnson. Enzo Ferrari punya satu mobil Testarossa berwarna silver yang dimuseumkan di Italia sana.

Pada pameran Ferrari Classic Photo di Jakarta (14/3), Ferrari Jakarta menampilkan versi 512 TR dimana ini merupakan varian kedua dari Testarossa.  Masa produksinya dimulai dari 1991-1994 dan melahirkan 2.261 unit yang dijual di dunia.

Baca: Ulang Tahun ke-70, Ferrari Gelar Serangkaian Acara Tak Terlupakan di Indonesia 

Untuk mesin V12-nya dikembangkan lagi pada sektor manajemen mesin, knalpot dan pembesaran katup sehingga mampu melahirkan 428 dk. Angka 4,8 detik pada 0-100 km/jam adalah akselerasi standar dari 512 TR dan mampu melesatkan sejauh 318 km/jam sebagai kecepatan puncaknya.

Secara teknis, ini merupakan wujud Testarossa yang dikembangkan lebih baik dari pendahulunya meskipun penerusnya yakni 512M tidak sebaik 512TR akibat perubahan lampu depan. Meskipun tenaga
mesin V12-nya sudah lebih besar (440 dk), tapi 512M gagal merebut hati konsumen. Hingga akhirnya beberapa penerusnya lahir seperti 550 Maranello, 575 Maranello, 599 GTB, F12 Berlinetta dan 812 Superfast mengisi pasar supercar bermesin V12 dari Ferrari.

Secara pribadi, Testarossa merupakan model Ferrari V12 paling menarik untuk dilihat dan dikenang karena terkenal melalui dunia video game, bukan dari arena balap. Ini berarti Testarossa telah melahirkan ide kreatif untuk membawa nama Ferrari lebih dikenal luas kepada publik dengan cara lebih mudah.

(Naskah: Berto Adinata Pramadya)
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen