Review Honda New Brio Satya Facelift dan Brio RS 2016

review honda brio satya
Honda Brio RS

April 2016 Honda melakukan penyegaran terhadap lineup Brio. Launching New Brio dilakukan di Indonesia International Motor Show 2016 (IIMS 2016) Jiexpo Kemayoran, Jakarta. 

Pada deretan produk yang diluncurkan terdapat varian RS selain dari tipe E dan S yang masuk kategori LCGC. Kesemuanya merupakan Brio facelift, artinya hanya ada perubahan minor dari Brio sebelumnya.

Masih tetap ada 3 varian, jika sebelumnya yang paling murah adalah A kemudian ada S dan E yang paling mahal, kini A sudah dihilangkan dan berubah menjadi S (paling bawah). Di tengahnya ada E dan kini paling mahal adalah RS.

Meskipun sebatas facelift tapi Honda juga melakukan revisi teknikal terhadap mesin dan transmisinya. Tenaga sebelumnya hanya 88 ps sekarang menjadi 90 ps alias naik 2 ps. Begitu juga dalam perbaikan pada sistem transmisi diklaim akan membuat akselerasi maupun efisiensi menjadi lebih optimal dibanding sebelumnya.

Semua tipe dibekali fitur keselamatan rem ABS dan dual SRS airbag.

Lantas apa perbedaan Honda Brio RS dengan tipe yang lain?

Exterior
review honda brio rs
Pelek two-tone color

Pada varian RS menggunakan pelek dengan warna two-tone. Selain warna logam ada juga warna hitam yang membuat dia terlihat lebih segar dibanding sebelumnya. Ini yang menjadi salah satu perbedaan Brio RS dengan model lain yang hanya mono-tone dengan silver saja.

Brio RS menggunakan desain bumper yang lebih sporty dari sebelumnya, begitu juga dengan headlamp dengan proyektor membuat tampilannya lebih keren dan secara visibilitas juga lebih baik karena lebih terang.

Foglamp hanya ada di tipe E dan RS CVT.

review honda brio facelift
Brio Satya E

Brio RS ini juga memiliki underskirt dan underspoiler baru. Cover spion juga sudah dilengkapi dengan lampu sein berteknologi LED mirip Honda Jazz.

Kemudian bila diintip pada kap mesin bagian dalam, kini warnanya tidak sewarna dengan bodi. Terlihat warna abu-abu yang merupakan warna dasar. Ini adalah salah satu cara untuk membuat ongkos produksinya lebih murah. Bagi sebagian orang itu mungkin menjadi masalah karena tampilannya tidak enak dilihat, tapi di sisi lain membuat harganya menjadi lebih murah.

Nah, secara keseluruhan eksterior cukup sporty. Kalau Anda suka modifikasi mungkin mobil ini jadi pilihan utama karena banyak inspirasi modifikasi di mobil Honda Brio ini.

Selanjutnya:  Interior
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen