iklan jual beli mobil

Tips Yamaha: Waspada Busi Rusak Bisa Bikin Kacau Komponen Motor Lainnya, Ini Cirinya

  • Kecil tapi perannya sangat penting. Itu yang menggambarkan busi yang kinerjanya memengaruhi performa sepeda motor secara keseluruhan. Masalah pada busi bisa merembet pada banyak komponen lainnya, sehingga perawatan dan deteksi kerusakan dini penting dilakukan.


Otojatim.com - Busi merupakan satu dari tiga komponen yang berfungsi untuk menciptakan pembakaran dalam ruang bakar selain udara dan bahan bakar. Jadi dapat dikatakan, busi adalah kunci bagus atau tidaknya performa sebuah sepeda motor.


“Jika komponen busi bermasalah, maka performa motor akan semakin menurun. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan masalah pada komponen lain seperti cop busi, coil, hingga baterai drop. Bahkan ada juga potensi kerusakan kelistrikan motor secara permanen yang tentunya membutuhkan biaya besar untuk servisnya. Kami imbau untuk para pengendara motor juga bisa lebih memperhatikan terkait hal ini,” kata, Ilham Wahyudi General Manager Service PT Surya Timur Sakti Jatim.

Busi motor yamaha rusak

Masalah pada busi sejatinya bisa dideteksi sejak awal. Ciri umumnya adalah  suara putaran awal mesin yang terdengar rendah sekali. Bersamaan dengan itu, motor terasa tersendat-sendat saat berjalan. Jika hal ini terjadi, jangan tunda mengganti busi. 


Ciri lainnya adalah ketika mesin motor sulit untuk dihidupkan baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Hal ini karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi untuk memicu pembakaran di dalam mesin.


Indikasi lainnya adalah ketika konsumsi bahan bakar kian boros. Ini terjadi lantaran adanya endapan kotoran pada ujung insulator busi. 

Cara deteksi busi rusak

Terakhir, busi bermasalah dapat dirasakan dari penurunan performa akselerasi motor, seperti pada saat menarik gas motor akan terasa kurang bertenaga.


“Pengendara motor sebaiknya dapat melakukan perawatan busi secara berkala serta penggantian busi setiap 6.000 km perjalanan. Fatal akibatnya jika pengendara mengabaikan ciri-ciri busi yang bermasalah pada motor. Pengendara motor Yamaha juga bisa membawa ke tempat service terdekat dan berkonsultasi dengan teknisi handal kami,” tambah Ilham.


Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi optimal, pemeriksaan dan perawatan wajib dilakukan secara rutin. Hasil yang lebih baik bisa didapatkan di bengkel resmi Yamaha terdekat. Semakin mudah dengan layanan booking servis dan layanan Service Kunjung Yamaha sehingga tak perlu antri lama.

LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi