iklan jual beli mobil

Konvoi Motor Listrik Meriahkan Peresmian SPKLU oleh PLN dan KLHK di Hari Lingkungan Hidup

onvoi motor listrik oleh pegawai PLN dan KLHK di Jakarta
Konvoi motor listrik dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Otojatim.com - PT PLN (Persero) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor KLHK, Gelora, Jakarta Pusat. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan mencerminkan kerjasama kedua lembaga dalam upaya mengurangi emisi karbon di sektor transportasi, sejalan dengan agenda transisi energi di Indonesia.


Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menekankan bahwa penggunaan kendaraan listrik secara luas dapat mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi fosil dan beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

"Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik yang menggunakan energi terbarukan, kita dapat mengurangi emisi CO2 dan dampak negatifnya terhadap perubahan iklim," jelasnya pada Minggu (9/6).

Siti Nurbaya juga mendorong penggunaan kendaraan listrik di dalam KLHK. Ia mengajak seluruh jajaran Eselon I di KLHK untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas sehari-hari.

"Emisi gas buang dari kendaraan berbahan bakar fosil adalah penyumbang utama polusi udara. Transisi ke kendaraan listrik adalah solusi penting yang harus kita dorong dan implementasikan," ungkapnya.

Peresmian SPKLU oleh PLN dan KLHK diikuti konvoi motor listrik
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (depan, ketiga dari kanan) dan General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran (depan, kedua dari kanan) melakukan demo fitur electric vehicle di aplikasi PLN Mobile.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen PLN dalam mendukung transisi energi di Indonesia dengan membangun infrastruktur kendaraan listrik secara masif.

"PLN siap mendukung transisi energi di tanah air melalui penyediaan infrastruktur EV yang masif. Kami terus membangun infrastruktur ini secara menyeluruh sehingga masyarakat tidak perlu khawatir menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran, menjelaskan bahwa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, PLN telah membangun 113 SPKLU di 98 lokasi yang beroperasi 24 jam. Lasiran menambahkan bahwa PLN akan terus memperluas pembangunan SPKLU di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau masyarakat, seperti mal, terminal, stasiun, tempat parkir umum, dan rest area.

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, PLN telah menyediakan layanan EV Digital Services (EVDS) di Super App PLN Mobile. Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk mencari SPKLU, mengajukan layanan home charging, melakukan test-drive, dan membeli kendaraan listrik melalui aplikasi tersebut.

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, acara tersebut juga dimeriahkan dengan konvoi motor listrik yang diikuti oleh ratusan peserta, termasuk pegawai KLHK, PLN, serta komunitas motor listrik Elders.(*)


Ikuti berita PLN dari Google News

LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi