iklan jual beli mobil

Lonjakan 5 Kali Lipat, Ngecas Mobil Listrik di SPKLU Tembus 11.377 Transaksi

SPKLU PLN
Petugas PLN membantu pengguna kendaraan listrik melakukan pengisian daya di SPKLU Rest Area Tol Trans Sumatera KM 20B saat libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Jakarta, Otojatim.com - PT PLN (Persero) berhasil mendukung kelancaran arus mudik pada libur Idul Fitri 1445 H dengan penyediaan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 879 lokasi. Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa penyediaan SPKLU merupakan fokus utama perusahaan dalam libur Idul Fitri, mengingat animo penggunaan kendaraan listrik yang semakin meningkat.


"Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik. Kita ingin masyarakat merasakan pengalaman mudik yang aman dan nyaman menggunakan kendaraan listrik," ujar Darmawan.


Tingginya minat masyarakat terhadap kendaraan listrik tercermin dari lonjakan jumlah transaksi dan konsumsi listrik di SPKLU. Pada H+7 Idul Fitri 2024, jumlah transaksi mencapai 11.377, meningkat lima kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 2.275 transaksi. Begitu pula dengan konsumsi listrik, mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), meningkat 5,2 kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 43,5 MWh.


Darmawan juga menekankan komitmen PLN dalam mendukung transisi energi dari kendaraan berbasis bahan bakar fosil ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Lebih dari 3.500 petugas disiagakan di setiap SPKLU selama masa mudik Idul Fitri untuk membantu pengguna mobil listrik saat pengisian daya.


Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna kendaraan listrik, PLN telah menambah beberapa fitur pada Aplikasi PLN Mobile, termasuk fitur Trip Planner. Hal ini memungkinkan pengguna kendaraan listrik membuat rencana perjalanan jarak jauh tanpa khawatir mencari lokasi SPKLU.


Darmawan juga memprediksi peningkatan pengguna kendaraan listrik di masa mendatang. PLN berkomitmen untuk terus memastikan operasional SPKLU optimal demi kenyamanan pengguna kendaraan listrik dalam perjalanan jauh.


“Tahun ini menjadi pengalaman manis bagi pengguna kendaraan listrik. Kami yakin dengan pengalaman tahun ini, tahun depan akan semakin banyak pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Dan kami pastikan, PLN siap memberikan layanan terbaik,” tambah Darmawan.(*)


Ikuti berita PLN dari Google News

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi