iklan jual beli mobil

Pingin Ban Kendaraan Anda Awet Bertahun-tahun? Ini Tips dari Yamaha

  • Yamaha membagikan penyebab-penyebab yang membuat ban kendaraan cepat aus.

Otojatim.com - Tak hanya berfungsi menggerakkan kendaraan, ban juga bertanggung jawab untuk meredam getaran saat kendaraan berjalan. Oleh karena itu, pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi ban secara berkala.  


“Permasalahan yang biasanya dihadapi oleh konsumen adalah kondisi dimana ban motor tipis atau gundul. Jika dibiarkan, kondisi ban seperti ini bisa membahayakan pengendaranya. Apalagi dihadapi dengan kondisi musim hujan dimana jalanan cenderung licin sehingga meningkatkan risiko tergelincir. Jadi sebelum bepergian pastikan ban dalam kondisi yang aman, agar berkendara lebih aman dan tidak membahayakan pengendara lainnya,” kata Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Lebih lanjut Ilham menjabarkan faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan ban motor cepat tipis.


1. Kurang tekanan angin

Tekanan ban yang tidak sesuai standar pabrikan akan membuat tapak ban lebih intens bersentuhan dengan aspal sehingga gesekan lebih sering terjadi yang menyebabkan kondisi aus. 


2. Sering mengangkut beban berlebih 

Muatan yang terlalu banyak hingga bebannya melebihi kapasitas maksimal yang dapat ditanggung sebuah kendaraan, juga akan berimbas pada performa ban. Semakin berat muatan, maka gesekan antara ban dan aspal akan semakin besar.


3. Intensitas pemakaian kendaraan yang tinggi

Umumnya kondisi ban baik untuk digunakan dalam periode 1-2 tahun, dengan catatan pemakaian normal. Jika intensitas pemakaian tinggi, maka performa ban akan cepat menurun.


Dengan mengetahui faktor-faktor yang membuat ban kendaraan cepat tipis, maka konsumen dapat mengantisipasinya sejak awal . Penggantian ban motor asli Yamaha dapat dilakukan melalui dealer resmi Yamaha terdekat. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi