iklan jual beli mobil

Hebat, PLN Siagakan 1.124 SPKLU untuk Pemudik: Mobilitas Kendaraan Listrik Lebih Lancar, Termasuk Swap Baterai Roda Dua

PLN Siapkan 1.124 SPKLU untuk Mudik Lebaran, Dukung Mobilitas Kendaraan Listrik

charge baterai lebaran
Pengguna kendaraan listrik yang menggunakan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile untuk melakukan charging di SPKLU.

Jakarta, Otojatim.com - Perseroan Terbatas PLN memastikan kesiapan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik dalam menyambut musim mudik Lebaran tahun ini. Sebanyak 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) telah disiapkan, tersebar di seluruh penjuru Indonesia.


Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, perusahaan ini terus mengkomitmenkan dukungan terhadap penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. "Di musim mudik Lebaran kali ini, PLN bersama mitra memastikan kesiapan SPKLU untuk melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.


Darmawan menambahkan, "PLN bersama mitra telah menyiapkan 1.124 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa, kami menambahkan 100 unit SPKLU tambahan."


Ia juga menjelaskan bahwa PLN telah menempatkan unit SPKLU di titik-titik utama arus mudik di berbagai pulau, termasuk Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua. Sebagai contoh, tol Trans Sumatra-Jawa akan didukung oleh total 168 unit SPKLU.


Darmawan menjelaskan lebih lanjut, "Kami telah memetakan secara cermat sebaran SPKLU tersebut. Misalnya, di tol Trans Sumatra-Jawa, jarak antar SPKLU rata-rata adalah sekitar 23 km, yang aman untuk melayani kendaraan listrik dengan jarak tempuh antara 300-500 km."


Selain menyiapkan SPKLU, PLN juga telah menyiagakan 3.504 pegawai yang akan bertugas selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar. Selain itu, PLN juga menyiapkan SPKLU mobile yang dapat bergerak untuk melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau oleh SPKLU konvensional.


"Tak hanya SPKLU, PLN juga menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua, dengan bekerja sama dengan mitra. Total ada 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia," tambah Darmawan.


PLN juga menyiagakan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk pengisian daya motor listrik. Informasi lebih lanjut mengenai lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.


Untuk mendukung kenyamanan pelanggan, PLN juga menyediakan Kanal Pengaduan Layanan 24 Jam 7 Hari yang dapat dihubungi melalui Contact Center 123 dan WhatsApp 087771112123.(*)


Baca berita PLN yang lain di Google News

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi