iklan jual beli mobil

Tips Mudah Mematikan Electric Parking Brake Secara Manual pada Peugeot SUV 5008

Mematikan Electric Parking Brake Peugeot 5008 Cara Parkir Paralel dengan Peugeot SUV 5008 Langkah-Langkah Parkir Aman Peugeot 5008 Tutorial Mematikan Parking Brake secara Manual Peugeot 5008 Panduan Menggunakan Fitur Parkir Peugeot 5008

Otojatim.com - Peugeot 5008, hadir dengan berbagai fitur yang membuat parkir menjadi lebih mudah. Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh pengemudi adalah keterbatasan lahan parkir yang tersedia di sejumlah tempat.

Untuk mengatasi hal ini, parkir paralel seringkali menjadi pilihan yang cukup populer. Parkir paralel memungkinkan mobil diparkir secara sejajar dengan kendaraan lainnya, baik di bagian depan maupun belakang.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi parkir paralel ini, terutama bagi pemilik mobil bertransmisi otomatis.

Samsudin, seorang Aftersales Support dari PT Astra International - Peugeot, menjelaskan, "Kebanyakan kendaraan bertransmisi otomatis terkini dilengkapi dengan teknologi di mana saat mesin dimatikan, tuas transmisi akan berada pada posisi ‘P’ dan secara otomatis akan mengaktifkan electric parking brake. Akibatnya, roda mobil akan terkunci dan mobil tidak dapat didorong. Hal ini dapat mengganggu orang lain yang ingin mengeluarkan kendaraan jika posisinya terhalangi oleh mobil tersebut."

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan setelah mobil berada dalam posisi parkir paralel. Pertama, pengemudi perlu memindahkan gear shift ke posisi ‘N’ sambil menginjak pedal rem saat mesin masih hidup, kemudian matikan mesin. Setelah itu, nyalakan kembali sistem elektrikal dengan menekan tombol ‘Start & stop’ tanpa menginjak pedal rem.

Langkah berikutnya adalah mendorong tuas transmisi ke arah depan sambil tetap menginjak pedal rem. Hal ini akan memungkinkan pengemudi untuk mematikan ‘Electric Parking Brake’ secara manual. Setelah itu, tuas transmisi dapat dilepaskan, dan pengemudi hanya perlu menekan tombol ‘Start & stop’ lagi untuk mematikan sistem elektrikal kendaraan.

"Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, biasanya akan muncul pesan pada instrumen panel serta suara atau alarm untuk mengaktifkan Electric Parking Brake. Namun, pesan tersebut dapat diabaikan, dan roda mobil sudah dalam keadaan tidak terkunci," tambah Samsudin.

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, pengemudi dapat meninggalkan kendaraannya dengan mengunci pintu seperti biasa. Dengan cara ini, mobil dapat dengan mudah didorong saat terparkir. Informasi lebih lanjut mengenai cara mematikan Electric Parking Brake pada Peugeot 5008 SUV dapat ditemukan di kanal YouTube resmi Astra Peugeot.(*)
LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi