iklan jual beli mobil

Tahan Direndam Air Garam 240 Jam, Yamaha Kasih Garansi Rangka Untuk Warga Pesisir

  • Tak mau pilih-pilih, Yamaha memberlakukan 5 tahun garansi rangka untuk semua pemilik motor matic Yamaha, termasuk warga yang tinggal di pesisir. 

Otojatim.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjawab keresahan konsumen soal isu rangka motor yang berkarat dan mudah patah. Demi menjamin Yamaha memiliki kualitas rangka terbaik, YIMM memperpanjang masa garansi khusus rangka dari sebelumnya 1 tahun menjadi 5 tahun ata 50.000 km. Dengan ini, Yamaha menjadi satu-satunya merek motor yang memberikan jaminan terlama pada rangka.


Presiden Direktur & CEO PT YIMM, Dyonisius Beti, menjamin bahwa garansi ini bukan gimmick semata. Menurutnya, tak ada syarat khusus untuk melakukan klaim.


"Tidak perlu syarat khusus. Asal itu memang motor produksi Yamaha, dan digunakan untuk pemakaian normal, kalau ada kerusakan rangka, tinggal klaim saja ke dealer. Kalau dealer menilai oke, maka akan segera kami ganti dengan yang baru," kata Dyon di pabrik YIMM, Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).


Dyon menjelaskan bahwa pemakaian normal yang dimaksud adalah berkendara harian, bukan untuk penggunaan ektrim atau kerusakan dengan unsur kesengajaan.


"Harus dalam konteks pemakaian wajar. Apa yang tidak wajar? Motor tabrakan tidak termasuk garansi, tertimpa gempa tidak termasuk, dipakai balapan juga tidak termasuk. Karena itu bukan kondisi normal, jadi secara umum seperti tabrakan itu sudah pasti hancur," kata Dyon.

Yamaha merasa percaya diri dengan kualitas rangkanya. Bukan tanpa sebab, baik dari bahan baku hingga proses pengerjaan semuanya dilakukan dengan kualitas terbaik standar global, disesuaikan dengan iklim Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi.


"Kalau hujan, semua (bagian) motor basah, makanya desain (rangka) harus diperhatikan. Karena kelembapan tinggi juga karat bukan terjadi di motor, tapi di mana-mana," kata Dyon.


Ia juga menjelaskan, untuk mengatasi hal ini, Yamaha telah melalui sejumlah proses pengujian, termasuk salah satunya uji rendam air garam hingga 240 jam. Hasilnya, tidak ada karat yang ditemukan dalam pengujian tersebut.


Untuk itu, Yamaha percaya diri bahwa produknya tahan ancaman hujan bahkan banjir. Tak hanya itu, warga yang tinggal di pesisir juga mendapat garansi yang sama.


"Kami sekali lagi menekankan, kami sangat percaya diri dengan kualitas rangka Yamaha. Pengujian tersebut membuktikan, rangka Yamaha aman digunakan di wilayah pesisir. Jadi konsumen di wilayah pesisir tidak perlu khawatir lagi," ujar William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Lebih lanjut William menjelaskan bahwa pemberian garansi rangka 5 tahun atau 50 ribu kilometer itu tak terlepas dari pengalaman Yamaha dalam memproduksi motor matic selama 20 tahun terakhir. Menurutnya, YIMM belum pernah mendapat keluhan dari konsumen tentang kualitas dan ketahanan rangka motor matic Yamaha.


"Apalagi kita sudah melalui serangkaian desain dan proses uji coba di Indonesia dan juga kita sudah ekspor lebih ke 40 negara dan semuanya lancar," kata William.

Yamaha memang tak main-main soal rangka. Untuk matic, ragka yang digunakan memiliki ketebalan hingga 2,3 centimeter. Ditambah dengan sistem pengecatan celup sehingga baik di luar dan di dalan rangka terlapisi dengan sempurna. 


Tak hanya itu, sistem drainase juga didesain sedemikian rupa agar air hujan atau sisa pencucian yang masuk ke dalam rangka, seluruhnya keluar ke lubang pembuangan tanpa meninggalkan endapan. Semua itu, bertujuan untuk menjaga rangka dari korosi yang berujung menyebabkan retak dan patah.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi