iklan jual beli mobil

Peugeot Sematkan Electric Handbrake Pada Model Terbaru 3008, 5008, dan 2008

  • Peugeot menyematkan model rem tangan canggih pada varian terbaru SUV 3008, 5008, dan 2008. 

Jakarta, Otojatim.com - Rem tangan atau handbrake pada mobil umumnya masih menggunakan model tuas atau stik. Namun Peugeot menghadirkan teknologi rem tangan canggih yakni dengan tombol elektrik, pada model-model terbarunya.


“Untuk produk lama memang masih menggunakan tuas untuk handbrake-nya. Tapi untuk produk di atas tahun 2010 dan varian terbaru seperti SUV Peugeot 3008, 5008, dan 2008 sudah pakai electric handbrake,” terang Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.

Peugeot 2008 lama pun sudah dibekali electric handbrake, namun berbeda dengan varian terbaru. Di mana pada 2008, rem tangannya masih menggunakan motor listrik yang berada di bawah tombol handbrake. Dari sana terbentang kabel panjang penarik tuas di teromol rem belakang.


Sedangkan pada varian terbaru Peugeot 3008, 5008, dan 2008, konstruksi jalur handbrake jauh lebih simpel, di mana motor listrik pengunci rem belakang tergabung dengan kaliper rem di kanan-kiri roda belakang. Motor listrik tersebut bekerja secara digital dengan terhubung ke Electric Control Unit (ECU) utama. Perintah on-off didapat dari tombol Handbrake electric.

“Keunggulan electric handbrake SUV Peugeot 3008, 5008, dan 2008 dibanding pendahulunya terasa saat driver ingin menonaktifkan tombol handbrake. Caranya bisa dengan dengan menarik tombol off, atau memindahkan tuas transmisi ke “D” lalu menekan pedal gas perlahan, saat ingin jalan kembali,” kata Rafii.


Saat jalan menanjak, driver tak perlu khawatir mobil mundur saat menonaktifkan rem tangan. Karena mobil SUV Peugeot telah didukung fitur Hill Assyst yang mampu menahan beban mobil melalui putaran mesin. Dengan begitu, Anda akan merasa jauh lebih aman dan nyaman.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi