iklan jual beli mobil

6 Tips Libas Trek Off-Road Berpasir Bersama Yamaha WR 155 R

  • Yamaha berbagi tips off-road di trek berpasir dengan WR 155 R.

Malang, Otojatim.com – Ketangguhan Yamaha WR 155 R telah teruji di bLU cRU Adventure Ride Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada tanggal 17-18 Agustus 2023 lalu.


Para peserta trabasan diuji keterampilannya dalam menaklukkan jalan berpasir. Medan ini membutuhkan skill mumpuni agar tidak mudah ambles dan terjatuh. Oleh sebab itu, para penghobi motor off road wajib memahami cara berkendara di atas permukaan jalan berpasir.


“Pada aktivitas bLU cRU Adventure Ride beberapa waktu lalu, motor WR 155 R tidak hanya digunakan untuk menaklukan jalan pegunungan Bromo yang ekstrem, tapi juga menguji keterampilan dalam melibas trek yang didominasi pasir. Oleh karenanya, Yamaha STSJ ingin membagikan tips cara berkendara yang tepat untuk melintas di jalanan berpasir. Mulai dari persiapan, riding position, hingga cara pengoperasian motor itu sendiri,” kata William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Berikut ini tips Yamaha seputar cara berkendara off road di atas trek berpasir bagi para pengguna motor sport dual purpose.


1. Cek Kondisi Motor

Sebelum trabasan, wajib mengecek kondisi motor dulu, terutama pada bagian kembangan dan tekanan ban, kampas kopling, kampas rem, dan suspensi. Piranti-piranti tersebut memiliki peran penting pada performa motor saat trabasan.


2. Postur Berkendara

Menghadapi medan offroad yang berpasir tentu berbeda dengan jalan aspal. Oleh karena itu, pengendara harus mengerti soal postur berkendara yang benar. Misalnya saat melintasi jalan berpasir dan bergelombang, maka posisi yang baik adalah berdiri dari jok dengan kedua kaki menjepit motor (knee grip) sehingga stabilitas terjaga. Pastikan kedua tangan memegang stang dengan rileks agar lebih mudah mengontrol motor.

3. Perhatikan Kecepatan

Usahakan bukaan gas tetap konstan dan stabil agar ban tidak ambles. Jika ban terjebak di pasir, tambah bukaan gas sehingga ban tidak tertimbun pasir dan dapat berjalan seperti biasa. 


4. Perhatikan Pengereman

Di jalanan pasir, jangan mengerem mendadak atau hard braking karena dapat menyebabkan ban slip dan ambles. Saat ingin mengurangi kecepatan, sebaiknya lakukan tutup gas terlebih dahulu. Jika dirasa masih kurang, tambah lagi dengan pengereman ban belakang dan depan secara perlahan.


5. Jaga Jarak Aman

Perhatikan jarak dengan pengendara lainnya. Jika terlalu dekat, maka jarak pandang akan berkurang akibat debu yang berterbangan di udara. Dengan berada pada jarak aman, resiko kecelakaan beruntun bisa diminimalisir.


6. Fokus dan Tenang

Fokus dan ketenangan selama berkendara adalah kunci utama berkendara aman. Tak jarang pengendara tidak fokus dan panik sehingga menyebabkan kecelakaan lebih fatal. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pengendara off road, tapi juga on road. 


Yamaha WR 155 R telah dilengkapi fitur-fitur superior untuk menemani petualangan pengendaranya. Di antaranya tipe suspensi telescopic dengan diameter 41 mm sehingga daya redamnya baik saat menghadapi medan off road. 


Kapasitas tangkinya 8,1 L sehingga bisa membawa pengendara berjelajah lebih jauh. Manuver kian mudah berkat jok berdesain YZ yang lebih stylish dan memudahkan pengendara dalam menghadapi kondisi jalan. 


Yamaha WR 155 R dibanderol seharga Rp 42.144.000 OTR Surabaya.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi