iklan jual beli mobil

Peugeot 2008: Teknologi Lane Keep Assist Meningkatkan Keselamatan Berkendara

Lane Keep Assist Peugeot 2008

Otojatim.com - Mengemudi dengan aman dan nyaman adalah prioritas utama bagi para pengendara. Di era teknologi modern, mobil premium terbaru semakin mengutamakan fitur-fitur keselamatan aktif yang dapat membantu menghindari potensi kecelakaan. Salah satu fitur penting yang semakin diperhatikan oleh produsen mobil adalah Lane Keep Assist.

Lane Keep Assist adalah teknologi yang dirancang untuk menjaga mobil tetap berada dalam lajurnya tanpa perlu banyak intervensi dari pengemudi. Fitur ini menjadi andalan pada mobil-mobil Peugeot, seperti Peugeot 3008 dan 5008, dan sekarang juga hadir pada SUV kompak terbaru Peugeot, yaitu Peugeot 2008.

Dalam keterangan resmi, Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot, menjelaskan bahwa Lane Keep Assist pada Peugeot 2008 beroperasi dengan bantuan kamera yang terpasang di belakang kaca spion tengah. Kamera ini akan membaca dan merekam garis jalan pada sisi mobil.

"Fitur ini aktif jika mobil telah berjalan beberapa detik dan berada dalam rentang kecepatan 65 hingga 180 km/jam. Fitur ini akan berfungsi saat garis jalan terlihat dengan jelas, termasuk garis putus-putus atau garis tanpa putus," kata Samsudin.

Samsudin juga menekankan bahwa Lane Keep Assist tidak menggantikan peran utama pengemudi. Keselamatan dalam berkendara tetap bergantung pada konsentrasi pengemudi. Fitur ini dirancang khusus untuk mencegah mobil keluar dari jalurnya tanpa disadari oleh pengemudi, terutama saat pengemudi kehilangan fokus atau mengalami kelelahan.

Dalam situasi ini, sensor akan mengirim sinyal ke Electric Steering System untuk mengoreksi setir, dan pada saat bersamaan, peringatan akan muncul di Instrument Panel jika pengemudi memilih mode "Driving" pada menu yang ada di Instrument Cluster.

Untuk memastikan Lane Keep Assist aktif, pengemudi dapat melihat dua gambar garis hijau di Instrument Cluster. Jika mobil keluar dari lajur, salah satu garis tersebut akan berubah menjadi kuning, memberi tahu pengemudi bahwa mereka harus mengambil tindakan untuk kembali ke lajur yang benar. Namun, fitur ini hanya berfungsi jika pengemudi memilih mode "Driving" di Instrument Cluster.

Fitur Lane Keep Assist juga memberikan fleksibilitas kepada pengemudi. Jika pengemudi ingin bermanuver atau berpindah jalur tanpa menggunakan lampu indikator, fitur ini dapat dinonaktifkan dengan mudah. Tombol untuk menonaktifkannya terletak di kanan bawah kemudi, dan cukup dengan menekannya, Lane Keep Assist akan mati secara otomatis.

Samsudin juga menambahkan bahwa fitur ini memiliki pengaturan tambahan yang memungkinkan peringatan kepada pengemudi untuk beristirahat jika sistem telah mengoreksi laju mobil selama tiga kali. Ini adalah langkah tambahan untuk meningkatkan keselamatan selama perjalanan, terutama di jalan tol di mana risiko mengantuk bisa meningkat.

Dengan adanya teknologi Lane Keep Assist ini, Peugeot 2008 memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman bagi para pengguna mobilnya. Dengan tetap menjaga konsentrasi pengemudi sebagai faktor utama dalam keselamatan berkendara, teknologi ini menjadi salah satu inovasi yang membuat mobil Peugeot semakin unggul di pasar otomotif.(*)
LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi