iklan jual beli mobil

Gak Pernah Dapat Komplain, Ini Keistimewaan Rangka Yamaha Grand Filano

  • Sebagai skutik produksi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Grand Filano memiliki rangka yang kokoh, kuat, dan rigid namun tetap fleksibel dan lincah di jalanan.

Otojatim.com - Grand Filano identik dengan desain ala skutik retro-modern, berbodi gendut khas motor Eropa. Garis bodi yang melengkung tanpa garis tajam menonjolkan sisi classy dan elegan.


Pelek yang digunakan Grand Filano berukuran 12 inci, berbalut karet bundar tubeless dari Dunlop dengan ukuran 110/70-12 47L rata antara depan dan belakang.


Meski bodi Grand Filano terbilang gambot, namun hal ini tidak mengurangi kelincahan skutik 125 cc ini. Setang dan roda depannya berkolaborasi dengan baik sehingga enak dibawa selap-selip menembus kemacetan.


Kenyamanan handling yang rigid dan lincah tersebut juga tak lepas dari rangka model underbone tubular yang ditanamkan pada tubuhnya.


Konstruksi rangka Yamaha memang terkenal kokoh, rapi, dan tebal. Material yang digunakan adalah steel tube frame atau rangka pipa baja sehingga struktur bodinya lebih fleksibel. Jenis rangka ini juga membuat desain motor jadi tampak lebih ideal.


Karena material yang mudah dibentuk tersebut, rangka Grand Filano tergolong mudah dimodifikasi dan diperbaiki.

Sebagai anggota keluarga Classy Yamaha, Grand Filano dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), produsen sepeda motor terbesar di Indonesia yang telah ditunjuk langsung oleh Yamaha pusat di Jepang untuk produksi global. 


Motor keluaran YIMM terkenal memiliki kualitas material yang bandel, kuat, dan rigid. Selama puluhan tahun, YIMM mengaku tak pernah menerima satu pun kasus soal rangka.


"Skill YIMM Indonesia telah teruji ekspor global. Terutama dari segi material, yang meliputi ketebalan hingga durability. Kami jamin semuanya terbaik, dan tidak pernah ada komplain," kata Dyonisius Beti, President Director & CEO YIMM saat ditemui pada acara Media Factory Visit pabrik Yamaha, Pulogadung, Jakarta (31/8/2023).


Agar konsumen semakin yakin dan tenang, Yamaha memberikan garansi 1 tahun khusus rangka. Apabila terdapat permasalahan pada rangka motor dalam kurun waktu tersebut, YIMM bersedia mengganti tanpa membebankan biaya apapun.


Grand Filano dibekali banyak fitur kekinian yang meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri saat berkendara. Mulai dari panel instrumen full digital yang atraktif dan informatif, di mana pengguna dapat mengakses spidometer, average fuel consumption dan real time, odometer, jam digital, juga eco indicator real time.

Motor ini juga terkoneksi dengan smartphone melalui bluetooth ke aplikasi Y-Connect. Di sana pengguna akan mendapat informasi lengkap seperti maintenance (oil & battery), riding log yang secara otomatis terekam di dalam Y-Connect, fuel consumption (daily & monthly) serta parking location.


Fitur kekinian lainnya adalah Stop & Start System (SSS) yang secara otomatis mematikan mesin jika kendaraan terdeteksi tidak membuka gas dalam hitungan detik.


Grand Filano juga mengedepankan kepraktisan, salah satunya adalah smart front refuel sehingga pengendara tidak perlu lagi turun dan membuka bagasi ketika isi bensin.


Soal space penyimpanan, Grand Filano memiliki open pocket dengan electric power socket di sebelah kanan. Sementara di bawah jok, terdapat bagasi besar berkapasitas 27 liter yang dilengkapi lampu LED.


Dapur pacu Grand Filano menggunakan mesin Blue Core 125 cc hybrid, 1 silinder 124,9 cc, SOHC 2 katup injeksi berpendingin udara. 


Di atas kertas, tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 8,2 dk di 6.500 rpm dengan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm. Memang skutik ini didesain untuk riding santai di jalan yang mayoritas mulus. Karakternya juga enak untuk stop & go di perkotaan yang padat.


Konsumsi bensinnya juga tergolong irit, yakni di angka 50,6 km/liter pada MID. Dengan kata lain, jika tangki bensin Grand Filano yang berkapasitas 4,4 liter diisi full, akan mampu menempuh jarak sejauh 222,64 km.


Terdapat dua varian Yamaha Grand Filano, yakni LUX dan NEO. Tipe LUX dijual dengan harga Rp 29.688.000 on the road Surabaya. Sementara Tipe NEO dibandrol seharga Rp 29.188.000 on the road Surabaya. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi