iklan jual beli mobil

MPM Honda Jatim Bagi Tips Cari_Aman Hindari Kendaraan yang Ngerem Mendadak

  • Kendaraan yang ngerem mendadak kerap ditemukan ketika berkendara di jalan raya. Ada banyak cara agar kita terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh tindakan tersebut.

Sidoarjo, Otojatim.com - Pengemudi harus selalu dalam keadaan sigap menghadapi segala kemungkinan di jalanan. Salah satu yang sering terjadi adalah menghadapi kendaraan lain yang ngerem mendadak.


MPM Honda Jatim membagikan tips #Cari_Aman berkendara untuk mengatasi situasi tersebut.

1. Maksimalkan pandangan mata

Pastikan Anda selalu dalam keadaan awas. Jangan menyetir saat mengantuk sehingga terhindar dari resiko microsleep. Pastikan pandangan lurus ke depan dengab cakupan seluas-luasnya sehingga saat ada potensi bahaya, Anda bisa menghindarinya sedini mungkin.


2. Fokus ketika berkendara

Konsentrasi adalah hal terpenting dalam berkendara. Jangan menelepon, membalas chat, mendengarkan musik terlalu keras, ataupun terlalu sering menengok ke satu arah. Dengan konsentrasi penuh, respon kita dalam mengantisipasi bahaya akan semakin baik.


3. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Penting untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan lainnya. Saat bahaya datang, kita membutuhkan waktu dalam merespon bahaya.


“Dengan menjaga jarak, kita jadi punya waktu cukup waktu untuk bereaksi dalam  mengantisipasi bahaya dari kendaraan yang tiba-tiba bermanuver atau mengerem mendadak,” kata Dimas Satria Kelana, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.


4. #Cari_Aman saat berkendara.

Seperti slogan berkendara Honda, upaya Cari_aman harus selalu dilakukan. Ingat tujuan utama dalam berkendara adalah keselamatan.


"Pengendara harus menguasai berbagai ilmu teknik berkendara agar mengurangi potensi bahaya bagi dirinya maupun pengguna jalan lain. Termasuk teknik menghadapi berbagai situasi jalan raya, dan mengenal rambu-rambu lalu lintas,” tutup Dimas. 


MPM Honda Jatim menyediakan pusat pelatihan keselamatan berkendara, yakni MPM Safety Riding Center yang berlokasi di Sedati Sidoarjo. Di sana terdapat simulasi berbagai situasi jalan raya untuk mengasah kemampuan berkendara secara berkala.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi