iklan jual beli mobil

Patut Dicontoh, Duta Trans Group Rutin Adakan Pelatihan Mengemudi Demi Lindungi Keselamatan Karyawan

  • Duta Trans Group, penyedia jasa transportasi nasional, membuktikan keseriusannya dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Salah satunya dengan menggandeng Konsultan KyFU dalam menggelar pelatihan untuk pengemudi.

Otojatim.com - Perusahaan transportasi nasional, Duta Trans Group, terus mendukung dunia logistik di Indonesia. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini, berkomitmen untuk menjaga keselamatan karyawannya melalui sertifikat ISO 45001:2018 untuk sistem manajemen keselamatan kerja. 


Demi mempertahankan sertifikasi itu, Duta Trans Group menggandeng PT Karya Fajar Ultima (KyFU), sebagai konsultan keselamatan jalan, untuk memberikan pelatihan rutin kepada tim pengemudinya. 


Kegiatan pelatihan melibatkan tiga anak perusahaan dari Duta Trans Group, yakni PT Duta Lintas Nusa (DLN), PT Istana Bukitkencana Makmur (IBM), dan PT Kayana Global Kargo (KGK). 


"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengemudi mengenai pentingnya keselamatan dan berupaya menurunkan angka kecelakaan di jalan," kata Rahardian Dwi Untoro, selaku Manager HRGA dan Ahli K3 Duta Lintas Group.

Pada kesempatan berbeda, Eduardus Kehi Katik, KabagOps Kendaraan PT IBM, mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Duta Trans Group guna meningkatkan skill mengemudi para karyawan terkait.


Hal serupa diungkapkan oleh Antonius S. Pamungkas selaku KabagOps Kendaraan dan HSE Officer PT DLN. Ia memaparkan bahwa materi pelatihan mencakup penanganan bantuan hidup dasar dan pemadaman api ringan, sehingga peserta pelatihan dapat mengetahui prosedur yang tepat saat menghadapi kecelakaan dan mampu mengatasi api ringan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang ada di kendaraan.


"Mengingat kecelakaan yang disebabkan oleh rem blong cukup tinggi pada kendaraan-kendaraan besar, maka pada kegiatan kali ini salah satu fokus pelatihan adalah memberikan pemahaman sekaligus praktik kepada para peserta pelatihan tentang teknik penurunan kecepatan di jalan menurun,” tutur Adhie Faizal, Direktur Operasional KyFU sekaligus tim ahli KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi).


Masih menurut Adhie, tantangan lain yang kerap dihadapi pengemudi adalah rasa kantuk. Untuk itu perlu dilakukan mitigasi dengan membuat rencana perjalanan yang memperhatikan kondisi pengemudi.


Pelatihan dilaksanakan dalam dua batch, yakni pada tanggal 8-9 Juni 2023 dan 10-11 Juli 2023. Para peserta pelatihan berasal dari berbagai daerah dimana Duta Trans Group beroperasi. 


Selain sesi pelatihan reguler, juga dilakukan diskusi dan tanya jawab untuk lebih memahami masalah-masalah yang dihadapi oleh pengemudi dalam pekerjaan sehari-hari, sehingga masukan berharga dapat diberikan kepada manajemen Duta Trans Group untuk perbaikan di masa depan.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi