iklan jual beli mobil

Lagu Indonesia Raya Menggema di Barcelona, Pebalap Honda Raih Podium Tertinggi

  • Pebalap Astra Honda, Fadillah Arbi, berhasil mengibarkan baju Merah Putih dari Podium Tertinggi FIM JuniorGP Barcelona.

Jakarta, Otojatim.com – Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama, menorehkan sejarah dalam dunia balap Indonesia. Ia berhasil meraih podium tertinggi di ajang balap FIM JuniorGP. 


Prestasi ini adalah yang pertama kalinya bagi Indonesia di kancah kejuaraan balap Eropa. Merah Putih berkibar paling tinggi setelah diganjar gelar juara pada putaran kelima balap kedua kategori junior di Circuit de Barcelona-Catalunya pada Minggu (16/7/2023).


Arbi beradu skill dengan 33 pebalap muda potensial lainnya. Ia menempati posisi ke-16 dari hasil kualifikasi di Hari Sabtu (15/7/2023). Namun karena sempat mendapat pinalti akibat melambat ketika sesi kualifikasi, Arbi harus menerima keputusan penyelenggara untuk start dari posisi ke-26 pada balapan pertama.


Posisi tersebut tak membuat pemuda asal Purworejo tersebut goyah. Satu per satu pebalap di depannya terlewati. Beberapa kali Arbi sempat mencoba mendekati posisi 10 besar. Namun ia pun harus puas untuk finish di posisi ke-18 pada balapan pertama. 


Di tengah cuaca panas dan kelembaban tinggi, Arbi memulai balapan kedua dengan posisi yang lebih baik dibanding sebelumnya. Yakni sesuai dengan hasil kualifikasi pada posisi ke-16. 


Kesempatan ini tak disiakannya. Persaingan semakin rapat, beberapa kali terjadi senggolan. Namun Arbi terus melaju hingga masuk ke posisi 10 besar. 


Memasuki dua lap terakhir, Arbi dapat bersaing di posisi tiga besar. Hal ini terus berlanjut, hingga pada lap terakhir, ia berhasil memimpin balapan. 

Pria berusia 18 taun sampai di garis finish dengan perbedaan catatan waktu 0,005 detik lebih lambat dibanding lawannya. Namun karena pemenang terbukti melakukan pelanggaran, Arbi berhak didapuk ke podium tertinggi.


“Salah satu hari paling membahagiakan dalam hidup saya. Saya merasa percaya diri dan kuat, sehingga bisa bersaing dengan grup depan dan menjaga konsentrasi tanpa kehilangan ketenangan. Meskipun sempat terdorong ke belakang lagi setelah sempat bersenggolan dengan pebalap lain, saya bisa kembali dan mencatat kemenangan perdana di level profesional. Hasil yang luar biasa. Terima kasih atas dukungannya,” ucap Arbi. 


General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan pencapaian ini bukan hanya menjadi sejarah bagi dunia balap Indonesia, namun juga menjadi motivasi kuat untuk terus konsisten membina pebalap-pebalap muda Tanah Air hingga menggapai mimpinya bersaing di ajang balap tertinggi dunia.      


“Terima kasih kami sampaikan, atas dukungan yang terus diberikan masyarakat Indonesia pada pebalap binaan kami, Arbi di ajang FIM JuniorGP.  Kami berharap sejarah baru ini akan diikuti prestasi-prestasi tinggi pebalap-pebalap muda Tanah Air lainnya dalam meraih mimpi bersaing di ajang balap tertinggi dunia, MotoGP,” ujar Andy. 


Ajang FIM JuniorGP akan memasuki rehat paruh musim dan akan kembali berlangsung pada bulan Oktober mendatang di sirkuit Motorland, Aragon, Spanyol. Atas pencapaian ini Arbi mengkoleksi 33 poin dan bertengger di posisi 16 pada klasemen sementara.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi