iklan jual beli mobil

6 Tahun Wuling di Indonesia, dari Stigma Mobil Murah ke Semi-Autonomous. Kini Kuasai Market EV

  • Wuling Motors merayakan 6 tahun eksistensinya di Indonesia dengan capaian gemilang. 
  • Meski usianya masih sangat muda, tapi produsen mobil asal China ini berhasil menyaingi merek-merek tersohor lainnya.
  • Fitur kekinian dengan harga yang affordable menjadi ciri khas Wuling di Indonesia.

Otojatim.com - Kehadiran Wuling Motors di Indonesia pada Juli 2017 silam, awalnya dipandang sebelah mata. Perlahan tapi pasti, produk perdananya, yakni MPV Confero membuktikan pada masyarakat bahwa Wuling tak main-main soal kualitas meski dibanderol dengan harga affordable. Disusul Formo yang mengukuhkan daya saing Wuling di tengah gempuran mobil-mobil Jepang.


Perjalanan Wuling di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak 2015 melalui seremonial peletakkan batu pertama pembangunan pabrik seluas 600.000 meter persegi di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik inilah yang kemudian menelurkan mobil-mobil untuk pasar Indonesia dan sebagai basis ekspor untuk Asia Tenggara.


Perkembangan Wuling terbilang pesat, dengan ekspansi jaringan yang terus meluas, hingga mencapai 136 diler yang tersebar di 78 kota di Indonesia.


Wuling Motors menyajikan produk lengkap yang mengisi hampir semua segemen kendaraan. Mulai MPV yang diisi oleh Confero, Cortez, dan Formo. Lalu di segmen SUV ada Almaz dan Almaz RS. Sementara kelas niaga punya Formo Max. Sedangkan segmen elektrifikasi dipegang oleh Almaz Hybrid dan Air ev.


Maka tak perlu heran, di usianya yang ke 6 tahun ini Wuling memiliki lebih dari 100.000 pelanggan.

"Di usia yang bertambah, kami akan terus hadir dengan inovasi tanpa akhir untuk menghadirkan solusi mobilitas yang modern bagi masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih baik serta membawa warna baru di industri otomotif Indonesia yang kini sedang dalam masa transisi ke elektrifikasi," ucap Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors, dalam keterangan resminya, Kamis (13/7/2023).


Saat Pemerintah Indonesia menggalakkan program peralihan dari mobil BBM ke listrik, Wuling dengan cekatan meluncurkan AirEV, mobil listrik full EV pertama dengan harga paling terjangkau yakni mulai dari Rp250 jutaan. Hasilnya, AirEV begitu melejit di pasaran, hingga para pesaingnya dibuat mati kutu.


Sejak kemunculan perdananya, AirEV langsung mendapat animo tinggi dengan catatan wholesales 8.053 unit. Sementara hingga Mei 2023, AirEV sudah mengantongi 1.434 unit terjual. Angka fantastis untuk penjualan mobil listrik. 

Air EV bahkan dipercaya untuk mengemban tugas di kancah internasional sebagai Official Car Partner dalam KTT G20 2022 dan KTT ASEAN 2023 yang berlangsung di Labuan Bajo.


Beragam inovasi terus dilakukan oleh produsen mobil asal China ini. Pada tahun 2019, Wuling Indonesian Command (WIND) disematkan sebagai fitur perintah suara berbahasa Indonesia pertama di industri otomotif Tanah Air. Fungsi ini dapat dijumpai pada New Cortez, seri Almaz, dan AirEV.


Dengan WIND, pengguna jadi bisa leluasa mengoperasikan beragam fitur kendaraan dari jarak jauh, seperti mengatur AC, jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi seperti Wuling Link atau TPMS, hingga informasi waktu dan tanggal.


Bahkan melalui inovasi WIND ini, Wuling diganjar beberapa penghargaan, diantaranya Apresiasi Inovasi Technology Category di 2019, Perintah Suara Pertama di Indonesia, dan The Best Innovation in Marketing pada 2020.


Wuling Green Drive Festival Menuju 10.000 Unit AirEV

Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors, menjelaskan bahwa voice command canggih WIND ini mendapat sambutan yang sangat positif oleh masyarakat peminat otomotif.


"Kami terus berinovasi melalui teknologi, lini kendaraan, sampai dengan layanan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia," kata Brian, dikutip Senin (11/7/2022). 


Brian juga mengatakan, WIND dapat memberikan keleluasaan bagi pengguna dalam mengoperasikan berbagai fitur kendaraan melalui perintah suara berbahasa Indonesia, sehingga lebih praktis, fleksibel, dan aman.


"Terlebih lagi WIND dapat membantu pengguna mengurangi sentuhan yang biasa dilakukan ketika berkendara sehingga lebih nyaman dan aman," sambung Brian.

Konsumen kian dimudahkan dengan hadirnya teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang disematkan pada Almaz RS 'Drive Unlimited Way' yang merupakan model SUV flagship. Inovasi pintar ini mampu menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui koneksi internet pada smartphone.


WISE meliputi Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV). Teknologi IoV mulanya disematkan pada seri Almaz, lalu berkembang menjadi semi-autonomous seiring disematkannya ADAS pada Almaz RS yang tujuannya tak lain untuk meringankan beban kerja pengemudi sehingga meningkatkan aspek keselamatan dan kenyamanan.


"Kehadiran fitur canggih ini turut berkontribusi dalam rangka membentuk smart ecosystem pada era mobilitas modern, yang merupakan langkah awal Wuling untuk mewujudkan kendaraan yang cerdas, terintegrasi, dan terhubung," papar Brian.

Teknologi ADAS meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assistance (LKA), Traffic Jam Assistance (TJA). Sementara IoV menawarkan berbagai fitur canggih yakni Vehicle Remote Control untuk mengendalikan kendaraan dari jarak jauh via smartphone.


Dedikasi Wuling dalam menyajikan produk dan inovasi terbaik untuk masyarakat, dibuktikan melalui banyaknya penghargaan otomotif bergengsi yang diboyongnya. Terbaru adalah predikat Green Product of The Year pada perhelatan Sustainable Marketing Excellece.


Hingga tahun 2022, berikut ini daftar penghargaan yang diterima oleh Wuling:


Wuling Indonesian Command (WIND)

  • Apresiasi Inovasi Technology Category di 2019
  • Penghargaan Perintah Suara Pertama di Indonesia di 2020
  • The Best Innovation in Marketing di 2020


Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE)

  • Top Innovation Choice Award di 2021


Wuling Confero S 2017

  • ICOTY 2017 di kategori small MPV
  • ICOTY 2018 kategori Best Value for Money
  • Rookie Of The Year 2018


Wuling Cortez 2018

  • Best Medium MPV di ICOTY 2018
  • Best Total Cost Ownership Medium MPV di 2019
  • Best of Medium MPV Gasoline di 2019


Wuling Cortez CT 2019

  • Best Medium MPV di 2019 dan 2020
  • Best of Medium MPV Gasoline di 2020


Wuling Almaz 2019

  • Car of The Year di 2019
  • 10 Mobil Terbaik di 2019
  • Best Medium SUV di 2019
  • Car of The Year di 2019
  • Digital Popular Brand di 2021


Wuling Almaz RS

  • Car of The Year Otomotif Award di 2021
  • Best Innovation Award di 2021
  • Best of High SUV Gasoline di 2021 dan 2022

LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi