iklan jual beli mobil

Kebiasaan Pakai Sembarang Oli Bisa Bikin Rugi, Ini Tips dari Yamaha

  • Waspada dalam memilih oli, salah-salah efeknya bisa panjang. Awalnya ingin cari murah, buntutnya malah jadi boncos. Yamaha bagikan tips cara memilih oli dengan benar agar mesin kendaraan tahan lama.

Otojatim.com - Oli adalah salah satu komponen penting yang menjadi penentu kinerja mesin kendaraan. Salah pilih oli bisa mengakibatkan penurunan performa mesin. Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part Yamaha STSJ, membagikan cara memilih oli motor yang tepat.

  1. Pastikan pilih oli motor yang sesuai dengan spesifikasi pabrik. Periksa petunjuk manual kendaraan agar tahu jenis dan viskositas seperti apa yang direkomendasikan. 
  2. Cari oli yang memiliki standar kualitas tinggi, seperti API (American Petroleum Institute) atau SAE (Society of Automotive Engineers). Nomor API yang lebih tinggi menunjukkan kinerja yang lebih baik. 
  3. Perhatikan kondisi iklim dan suhu di daerah sekitar. Oli motor dengan viskositas yang tepat bisa memberikan perlindungan yang lebih baik di berbagai kondisi cuaca.
  4. Ketahui kebutuhan khusus kendaraan Anda, dan penuhi. Misalnya, untuk mesin dengan kilometer atau performa tinggi, ada jenis oli khusus yang dirancang untuk memberikan perlindungan tambahan. 
  5. Pastikan Anda telah memeriksa tanggal kadaluarsa oli sebelum membeli. Oli yang sudah expired memiliki kemampuan sangat rendah dalam melindungi komponen mesin.
  6. Lakukan konsultasi dengan mekanik atau ahli oli motor jika merasa ragu. 
  7. Ganti oli sesuai jadwal yang ditentukan untuk memperpanjang umur mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. 


“Kami menganjurkan bagi pemilik sepeda motor untuk menggunakan oli YAMALUBE yang sudah terjamin keaslian dan kualitasnya. Hal yang harus diperhatikan oleh konsumen yaitu saat ini marak beredar di pasaran oli palsu. Oli YAMALUBE yang asli dapat dibeli di dealer atau bengkel resmi Yamaha,” ungkap Ilham.


Agar tak salah pilih oli palsu, lakukan pengecekan dengan scan barcode pada kemasan.


“Untuk oli Yamalube, konsumen dapat melakukan pengecekan keasliannya dengan menyobek label oli Yamaha dan melakukan scan barcode yang sudah ada. Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi keaslian oli Yamalube ini,” tambah Ilham. 


Perawatan kendaraan akan jauh lebih mudah dengan mengunjungi bengkel resmi Yamaha terdekat.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi