iklan jual beli mobil

Pakai L300 Euro4, Pedagang Sayur ini Habiskan Rp11Juta untuk Ongkos BBM, Kok Bisa?

  • Yogesvara, pengusaha sayuran asal Probolinggo, membawa 3 ton muatan dari Pegunungan Bromo ke Surabaya setiap harinya dengan menggunakan New Colt L300 Euro 4. Ia membagikan pengalaman mengemudinya untuk Anda.

Otojatim.com - Pemerintah telah menetapkan penerapan standar emisi Euro 4 (dari sebelumnya Euro 2) untuk kendaraan bermesin disel sejak 12 April 2022 lalu. Tujuannya agar emisi yang dikeluarkan minimal, sehingga lebih ramah lingkungan.


Produsen kendaraan niaga berbondong-bondong melakukan transformasi pada produknya agar memenuhi aturan tersebut. Tak terkecuali PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, yang menghadirkan L300 generasi terbaru, yakni New Colt L300 Euro 4.


Ternyata, mesin berstandar emisi gas buang Euro 4 ini tak hanya berdampak positif terhadap lingkungan, tapi juga pada penggunaan bahan bakar. Mesin diesel berstandar Euro 4 diklaim lebih irit bahan bakar minyak (BBM) dibadingkan mesin generasi sebelumnya. Tak hanya itu, mesin terbaru ini juga dinilai lebih bertenaga dan getarannya lebih halus.


Yogesvara (28), pengusaha sayuran asal Probolinggo Jawa Timur, telah membuktikan sendiri performa dari NEW Colt L300 Euro 4. Ia mengaku baru dua bulan menggunakan L300 versi terbaru ini, setelah sebelumnya selama bertahun-tahun menggunakan Mitsubishi Colt L300 versi lama. 


"Saya setiap hari nyetir pick-up ini dari Bromo ke Surabaya untuk mengangkut sayur dari kebun saya di Pegunungan Bromo ke Pasar Keputran," tutur Yogesvara.


Melewati rute Probolinggo menuju Surabaya, Yogesvara menempuh perjalanan sekitar 280 Km pulang pergi, atau sekitar 4 jam perjalanan setiap harinya. Medan yang ia tempuh pun beragam. Mulai dari tanjakan dan turunan pegunungan, hingga jalan tol menuju Kota Surabaya.


"Dengan beban muatan 3 Ton, per hari saya habis Rp 400.000 untuk bensin. Saya selalu pakai Pertamina Dex. Seliternya kan Rp 14.900," ungkapnya.


Dengan kata lain, konsumsi bahan bakar New Colt L300 sekitar 10,6 Km/ liternya. Terbilang cukup irit mengingat medan yang dilalui serta beban muatannya begitu berat.

Sebenarnya, mesin New Colt L300 Euro 4 didesain untuk bisa menenggak solar juga. Namun, Yogesvara terbentur aturan baru dari Pemerintah yang membatasi pembelian solar subsidi dengan menggunakan aplikasi myPertamina, dimana pengemudi harus terlebih dahulu memiliki barcode dari website Subsiditepat.mypertamina.id, atau dari SPBU Pertamina tertentu.


"Saya belum punya barcode. Jadi mau gak mau pakai Dex. Dikalikan saja sebulan, habis Rp11 jutaan. Padahal kalau pakai solar subsidi hanya 4,8 jutaan. Semoga bisa kembali lagi pakai solar," ungkapnya.


Terlepas dari itu, Yogesvara mengaku suka dengan performa sang legendaris, New Colt L300. Menurutnya, tarikan mobil begitu bertenaga saat melintasi jalan tol.


"Saya pilih NEW Colt L300 ini karena lebih panjang, jadi muatan lebih banyak. Selain itu juga larinya lebih kencang, terutama kalau di jalan tol," tuturnya.

Mitsubishi New Colt L300 dibekali mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger. Tenaga dan torsinya diklaim lebih besar 40% dari model sebelumnya, yakni 99,25 Ps/ 3.500 RPM dan torsi 200 Nm/ 1.000-3.500 RPM.


Secara fisik, New Colt L300 lebih gaya dengan desain bumper serta grille baru, ditambah porsi balutan chrome yang lebih banyak. Terdapat dua pilihan varian, yakni Pick-up Flat Deck, dan Cab Chassis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis konsumen.


Paling menggiurkan, adalah ukuran kargo yang 8% lebih besar dibanding versi sebelumnya, sehingga pengguna bisa meraup untung lebih tinggi dengan mengangkut lebih banyak muatan dalam sekali jalan.

Kabin NEW Colt L300 Euro 4 juga mendapat sentuhan baru, selain lebih lega, dihadirkan pula desain speedometer, pegangan pintu, serta posisi speaker yang baru. Posisi kabin juga dinaikkan 100 mm lebih tinggi dari versi sebelumnya demi visibilitas dan keamanan yag lebih baik.


Tersedia 300 jaringan bengkel atau diler resmi Mitsubishi di seluruh Indonesia dengan ketersediaan suku cadang di lebih dari 3.500 outlet, sehingga pemilik tak perlu khawatir soal perawatan dan layanan perbaikan.


Mitsubishi menjamin ketahanan produknya dengan usia pakai yang lama melalui perlindungan garansi resmi. Mobil ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 229,2 juta (OTR Surabaya).

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi