Trik Jitu Parkir Mobil Paralel Ala Suzuki

  • Parkir paralel kerap menjadi kendala bagi para pengemudi mobil. Suzuki membagikan triknya untuk Anda.

Otojatim.com - Lahan parkir yang sempit kerap mengharuskan pengemudi memarkir mobil secara paralel. Untuk melakukannya, perlu teknik khusus yang tidak semua orang bisa. 


Namun, memarkir paralel dengan baik dan benar akan jadi jauh lebih mudah dapat memanfaatkan sensor parkir yang tersemat pada mobil Suzuki.


Sensor parkir tersebut berguna untuk memberi peringatan jika ada objek yang dekat dengan bagian mobil. Tentu sensor ini sangat membantu pengendara dalam melakukan parkir di area yang sempit.


Beberapa model mobil Suzuki bahkan sudah dilengkapi dengan fitur kamera parkir pada bagian belakang, dan kamera 360 yang tersedia pada Grand Vitara versi GX.


"Kami juga memberikan kesempatan kepada calon konsumen yang ingin menjajal seluruh fitur parkir mobil Suzuki, bahkan secara paralel," kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales.


Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), menganjurkan agar semua pengemudi tahu mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat parkir mobil secara paralel. Diantaranya sebagai berikut:

1. Pastikan lokasi parkir memang diperuntukkan untuk parkir paralel

Biasanya, terdapat marka khusus untuk lokasi parkir paralel. Sebelum mulai memarkir, pastikan Anda tahu posisi mobil dengan baik. Periksa jarak antara mobil Anda dengan kendaraan lain di depan dan belakang. Pastikan letaknya sejajar dengan mobil yang terparkir di samping.


2. Beri tanda jika sedang parkir

Anda bisa menyalakan lampu sein untuk menandakan bahwa Anda sedang parkir. Hal ini dilakukan agar pengendara mobil lain tidak menunggu dan tergesa-gesa ketika Anda tengah bermanuver.

3. Mulai masuk parkir dengan mundur terlebih dahulu

Parkir paralel akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan memundurkan mobil dan memasukkan bagian buritan terlebih dahulu ke ruang parkir paralel yang tersedia. Memarkir dengan posisi bagian depan terlebih dahulu akan memerlukan manuver dan waktu yang lebih lama hingga dapat terparkir rapi.


4. Gunakan teknik angka 8

Teknik angka 8 bisa membantu Anda parkir paralel dengan lebih mudah. Mulailah dengan memposisikan mobil sejajar dengan mobil di samping, lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan  tergantung lokasi parkir, kemudian mundur hingga sudut belakang mobil mencapai sudut parkir. Berikutnya, putar balik kemudi ke arah berlawanan, lalu maju perlahan hingga mobil Anda berada sejajar di tempat parkir paralel.


5. Perhatikan saat menginjak rem dan gas

Dikarenakan tempat parkir yang tidak terlalu luas, maka perlu lebih berhati-hati dalam menginjak pedal rem dan gas agar pergerakan mobil tidak agresif. Kendalikan rem dan gas secara seimbang, agar tidak menyenggol mobil lainnya. Manfaatkan spion mobil kiri dan kanan untuk mengetahui secara pasti mengenai area parkir dengan tepat.


6. Jangan lupa rem tangan jika diperlukan

Setelah mobil terparkir, ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum turun dari kendaraan. Posisi mobil harus tepat di antara garis parkir dan tidak menonjol ke luar. Jarak antara mobil Anda dengan mobil di depan dan di belakang harus cukup untuk membuka pintu mobil dengan aman. 


Apabila diperlukan, tarik rem tangan sebelum meninggalkan lokasi, agar laju kendaraan benar-benar berhenti dan diam di posisinya. Hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar, kontur jalan atau dapat ditanyakan kepada petugas parkir setempat. 


Khusus pengguna Suzuki dengan tuas transmisi automatic, jika kesulitan saat posisi parkir paralel dengan posisi tuas di N dapat melihat buku petunjuk pengguna kendaraan Suzuki.


7. Latihan yang rutin

Semakin sering memarkir mobil secara paralel, semakin mahir Anda melakukannya. Latihan yang rutin bisa membantu memperbaiki teknik dan menjadi lebih percaya diri saat memarkir mobil secara paralel.


“Saat mobil sudah dalam posisi kaca pintu tertutup rapat, sebelum keluar mobil, pengendara harus memastikan bahwa AC, lampu kendaraan, hingga audio sudah dalam kondisi mati. Pastikan juga tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Terakhir, pastikan tidak meninggalkan barang yang mudah terbakar dan parkirlah di area yang teduh agar mobil tetap terlindungi dari terik matahari,” tutup Hariadi.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi