iklan jual beli mobil

Tips Honda: 5 Komponen Motor yang Wajib Dirawat Sehabis Trabasan

  • Sehabis seru-seruan trabasan, jangan tunda perawatan motor Anda agar performanya selalu prima. Honda membagikan 5 bagian motor yang wajib diperiksa sesudah menaklukkan lintasan off-road.

Surabaya, Otojatim.com – Setelah puas trabasan dengan motor trail kesayangan, saatnya beri perawatan agar komponen-komponen motor terhindar dari kerusakan. Hal yang sama juga harus dilakukan pada Honda CRF150L agar performanya tetap asik ditunggangi saat on-road dan off-road.


Berikut tips mudah dalan merawat CRF150L setelah trabasa dari Honda.

1. Cuci motor

Perawatan paling wajib adalah segera mencuci motor. Jangan sampai kotoran menempel terlalu lama karena selain akan lebih mempersulit proses pencucian nantinya, juga dapat menyebabkan kerusakan pada suspensi.


2. Cek Pelumas

Adalah hal yang lumrah jika pengendara sering membuka dan menutup handle gas saat melibas lintasan offroad. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan kinerja mesin lebih maksimal dan cepat panas sehingga oli mesin atau pelumas lebih mudah menguap.


Maka, amat disarankan untuk menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang tinggi seperti pada varian AHM Oil MPX-1 10W-30. 


AHM memiliki standar dimana penggantian oli dilakukan setiap 4.000 km. Namun para off roader harus lebih sering melakukan pengecekan dengan cara melihat stik level oli mesin apakah masih sesuai dengan standar ketinggian oli atau kurang. Jika berada di batas bawah, maka pelu ditambahkan oli baru sampai dengan batas tengah. 


3. Throttle Gas & Tuas Handle Kopling

Para pecinta offroad pasti tahu pentingnya setingan throttle gas atau tuas gas. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, para rider dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas 2-6 mm. 


4. Rantai Roda

Pencinta off road pasti sering mengalami gesekan pada rantai roda. Maka penting untuk melakukan pengecekan pada drive chain slider bagian depan dan belakang dari swing arm motor. Dilarang mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan. Cukup lumasi dengan chain lube demi menjaga keausan rantai roda.


5. Rim Lock Atau Stopper Ban

Untuk All New Honda CRF150L, velg depan dan belakang sudah disediakan lubang untuk dipasangi oleh Rim Lock. Steering Nut Motor trail ini memang sangat cocok untuk manufer loncat-loncatan. Namun steering stem rider harus sering dilakukan pengecekan dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi, saat belok ke kanan maupu ke kiri. 


“Berkendara offroad memang menyenangkan karena terasa menantang saat harus menaklukkan berbagai kontur jalanan seperti berlubang, berlumpur, berbatu, dan berpasir. Tapi, jangan lupa melalukan perawatan motor trail agar kondisinya prima dan selalu siap digunakan beraktivitas kembali," kata M. Bondan Priyoadi, Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.


Bondan mengajak pengguna Honda  datang ke Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk melakukan perawatan berkala, atau penggantian part yang diperlukan.

LihatTutupKomentar

Impresi Awal: New Honda Mobilio 2017 Semakin Mewah dan Naik Kelas

Jakarta, Otojatim.com - Persaingan antar Low MPV sudah dimulai di awal tahun 2017. Tentunya, pabrikan banyak mengeluarkan varian dan menyeg...

close
harga yamaha lexi