iklan jual beli mobil

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Busi? Ini Indikatornya

  • Busi adalah komponen kendaraan yang usia pakainya tidak panjang. Perlu dilakukan pemeriksaan rutin dan pergantian berkala. Berikut ciri busi kendaraan Anda perlu segera diganti.

Otojatim.com - Busi, salah satu komponen penting dalam kendaraan yang fungsinya menghantarkan listrik untuk memercikkan api di ruang bakar. Selayaknya komponen lain, busi juga punya usia pakai.


Pada umumnya, ada tiga jenis busi. Yakni busi nikel, busi logam mulia tunggal, dan busi logam mulia ganda. Dari ketiga jenis itu, logam mulia ganda-lah yang umur pakainya paling lama.


Tak hanya jenis businya, jenis kendaraannya pun bisa mempengaruhi usia pakai busi. Busi pada mobil lebih tahan lama dibanding busi sepeda motor.

Ada tiga cara untuk mengecek usia pakai busi sebelum melakukan pergantian.


Pertama berdasarkan rumus, dimana busi harus diganti setiap dua kali ganti oli. Kedua berdasarkan jarak tempuh yang mana setiap jenis kendaraan akan berbeda-beda jadi harus dilihat di buku manual pabrikan.


Terakhir, berdasarkan kondisi fisik busi. Ini berkaitan dengan tingkat pengikisan pada busi. Untuk busi nikel dan logam mulia tunggal, pergantian busi dianjurkan saat ground electrode mengalami pengikisan. Sedangkan pada tipe busi logam mulia ganda, pergantian direkomendasikan saat busi terlihat mengalami pengikisan secara tidak merata.


Menurut Diko Oktaviano, selaku Asst. Manager Technical Support & Product Development PT Niterra Mobility Indonesia, waktu pergantian busi juga bisa dirasakan dari performa kendaraan.


"Paling gampang, jika merasa kendaraan susah di-starter, susah berakselarasi, kalo sudah ada ciri begitu, sudah pasti busi ngalamin masalah," kata Diko.


Ciri lainnya yang biasa muncul adalah ketika kendaraan tiba-tiba berhenti sesaat, lalu hidup lagi saat digas. Ini terjadi akibat adanya missed fire atau kekurangan percikan api dalam ruang bakar.


Selain itu, jika mesin mengeluarkan suara kasar dan timbul getaran saat stasioner, ini juga merupakan indikasi busi harus segera diganti. 


Pastikan Anda memperhatikan kondisi busi kendaraan, agar terhindar dari kerusakan dan kerugian yang lebih besar di masa mendatang.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi