iklan castrol

Tips Merawat Tangki Bahan Bakar Motor Honda Agar Tidak Berkarat dan Bocor

  • Tangki Bahan Bakar Motor: Pentingnya Perawatan dan Pemahaman Ciri-cirinya

tangki bensin motor honda bocor

Surabaya, Otojatim.com - Tangki bahan bakar motor memiliki peran yang sangat penting dalam menampung bahan bakar yang dibutuhkan motor untuk melakukan perjalanan. Namun, banyak dari kita mungkin tidak terlalu memperhatikan perawatan yang harus dilakukan terhadap tangki motor tersebut.

Seiring dengan penggunaannya yang terus-menerus, tangki bahan bakar bisa saja mengalami masalah, seperti karat dan potensi bocor, jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tangki sepeda motor agar selalu dalam kondisi yang baik.

Penempatan tangki motor sendiri juga beragam, tergantung pada jenis motornya. Pada motor matik dan bebek, tangki bahan bakar berada di bawah jok motor. Sedangkan pada motor sport, tangki motor berada di belakang stang. Sebagai pemilik motor, kita harus memahami dan mengetahui jenis tangki motor yang dimiliki.

Berikut adalah beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga tangki motor:
  1. Selalu jaga isi tangki bensin agar tidak kosong atau hanya ada sisa sedikit bahan bakar di dalamnya dalam waktu yang lama. Dengan membiarkan sisa ruang kosong di dalam tangki dan sisa BBM sedikit, akan menimbulkan embun, yang nantinya bisa berubah menjadi air dan menyebabkan karat dan korosi pada tangki motor.
  2. Saat mencuci motor, jangan semprotkan air terlalu kencang ke arah tutup tangki. Meski terbilang rapat dan terkunci, namun hal ini bisa menjadi penyebab kecil, karena walaupun hanya embun atau resapan kecil air, dapat masuk ke dalam tangka.
  3. Lakukan pengurasan tangki secara rutin untuk mencegah menumpuknya kotoran yang bisa menyebabkan korosi dan mesin tersendat.
  4. Pastikan membeli bahan bakar yang berkualitas di penjual bahan bakar yang terpercaya. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahan bakar yang kita gunakan tidak bercampur dengan air atau zat lain yang bisa menimbulkan korosi di tangki bensin motor kesayangan kita.

Selain menjaga dan merawat tangki motor, kita juga perlu mengetahui ciri-ciri tangki motor yang bocor. Salah satunya adalah kinerja motor yang menurun. Oleh karena itu, lakukan perawatan secara rutin di bengkel, seperti AHASS. Perawatan rutin ini bertujuan agar motor selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan.

Dalam hal ini, M. Bondan Priyoadi, Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, menegaskan pentingnya perawatan dan pemahaman ciri-ciri tangki motor yang bocor. "Dengan melakukan perawatan secara rutin, kita dapat menjaga dan memperpanjang umur tangki motor sehingga tetap awet dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan," jelasnya.(*)

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi