iklan jual beli mobil

Jelang Arus Balik, Suzuki Bagikan Tips Mengatur Barang Bawaan di Mobil

  • Salah satu langkah wajib agar mudik terasa aman dan nyaman dengan menggunakan mobil, adalah dengan mengatur barang bawaan secata efektif. 
  • Hariadi, selaku Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan tips menata barang bawaan selama perjalanan mudik.

Otojatim.com - Mobil jadi pilihan favorit untuk digunakan mudik ke kampung halaman. Meskipun sudah dilakukan rutin bertahun-tahun, namun proses menyusun barang bawaan di dalam mobil perlu terus dimodivikasi agar tidak mengganggu kenyamanan selama perjalanan.


Hariadi selaku Asst. to Service Dept. Head PT SIS, memaparkan beberapa tips agar bagasi mobil bisa dimanfaatkan dengan maksimal sehingga barang bawaan tidak mengganggu kenyamanan penumpang.


1. Optimalkan prinsip Center of Gravity

Barang dengan bobot paling berat dan dimensi paling besar diletakkan di bagian paling bawah. Disusul dengan barang yang ukurannya lebih ringan di atasnya. Ini agar tidak terjadi kerusakan barang akibat tertumpuk benda berbobot lebih berat karena adanya gaya gravitasi. 


Tas dengan isi barang-barang berharga seperti laptop, handphone, atau dompet, diletakkan di bagian paling atas sehingga mudah dijangkau dan terhindar dari kerusakan.


2. Pastikan beban seimbang antara sisi kanan dan kiri

Beban mobil di kanan dan kiri harus diseimbangkan untuk menghindari efek limbung atau mobil tidak stabil. Jika salah satunya jauh lebih berat maka akan mempengaruhi tekanan pada suspensi dan ban mobil.


3. Perhatikan pengaturan interlock (barang saling mengunci)

Sebisa mungkin, posisi barang diletakkan rapat ke bagian body mobil bagian kanan dan kiri, serta tidak menyisakan ruang kosong yang dapat menyebabkan barang bergeser. Pergeseran berpotensi merusak bawaan Anda.


Hal ini juga disampaikan oleh Registra, selaku Brand Representative merk koper Samsonite Indonesia di kawasan Pondok Indah.


"Bepergian dengan kendaraan pribadi seperti mobil akan cenderung lebih beresiko karena tidak adanya asuransi serta tata letak dan tata cara membawanya dibebankan kepada pemilik kendaraan. Ketika hendak membawa barang-barang besar seperti koper di dalam bagasi mobil, baiknya rapatkan barang agar mengunci satu sama lain, hal ini tentu meminimalisir guncangan yang menyebabkan kerusakan pada koper,” terangnya.


4. Pertimbangkan muatan barang dengan daya muat mobil

Pengendara harus tahu berapa kapasitas maksimal mobil. Total barang bawaan dan seluruh penumpang jangan sampai melebihi beban maksimum mobil.


Sesuai buku petunjuk pengguna Suzuki, mobil keluarga MPV dengan kapasitas tujuh penumpang, memiliki beban maksimum 540 kg. Membawa muatan berlebih akan berdampak pada penggunaan bahan bakar, karena mobil akan bekerja lebih keras dan mesin berputar lebih tinggi untuk berakselerasi. Maka, penting untuk memperhitungkan total beban barang bawaan.


5. Gunakan pengikat seperti bracket atau jaring

Gunakan pengikat tambahan seperti tali atau bracket (jaring) agar barang yang ada di bagasi mobil semakin tidak mudah bergeser atau berpindah tempat. Hal ini selain agar tidak merusak barang bawaan, juga untuk menghindari lecet pada interior mobil.


“Ketika hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, pengendara harus memperhatikan keterbatasan ruang dalam bagasi mobil Anda. Tentukan barang-barang penting yang sangat diperlukan sehingga membawa dan menata barang jadi lebih efektif,"  kata Hariadi.


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pengendara perlu memperhatikan letak peralatan recovery mobil seperti dongkrak atau kunci darurat. Semuanya harus dalam posisi mudah dijangkau jika dibutuhkan sewaktu-waktu. 


"Jangan lupa memperhatikan kondisi mobil dalam keadaan prima sehingga perjalanan lebih optimal. Untuk pengguna mobil keluarga Suzuki seperti All New Ertiga Hybrid, disarankan untuk melakukan pengecekan mobil terlebih dahulu di Bengkel Resmi Suzuki untuk memastikan kondisi mobil yang sehat dan kuat untuk dibawa perjalanan jauh,” tutup Hariadi.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi