Yamaha Bagikan Tips Rawat Motor Matic Supaya Panjang Umur

  • Banyak pengguna kerap lupa merawat motor matic-nya. Padahal dengan perawatan mudah yang dilakukan secara teratur akan membuat umur pakai matic anda jadi lebih lama.

Otojatim.com - Skuter matic jadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia karena dinilai praktis dan mudah dikendarai. Terlebih untuk warga perkotaan yang kerap berhadapan dengan kondisi jalanan macet.


Meski cara mengendarainya hanya tinggal gas dan rem, skuter matic tetap perlu dirawat agar performanya selalu maksimal.


“Sebenarnya perawatan motor matic itu tidak susah. Selain melakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha, konsumen juga bisa melakukan perawatan di rumah. Supaya kondisi tetap awet dan tidak mudah rusak,” kata Dwi Suwanto, Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim.

Berikut tips merawat motor matic yang benar ala Dwi Suwanto: 

1. Panaskan motor setiap hari

Salah satu cara yang diyakini dapat menjaga keawetan motor adalah dengan memanaskan mesin setiap hari, meskipun tak digunakan. Dengan begini, oli akan melumasi mesin sehingga performanya tetap terjaga. Tidak perlu terlalu lama, cukup panaskan motor 5 menit saja agar mesin terhindar dari kerusakan.


2. Cek aki dan busi secara rutin

Seperti halnya oli, aki dan busi juga merupakan salah satu komponen penting yang ada di sepeda motor. Maka pengendara wajib memperhatikan kelayakan aki dan busi secara rutin untuk menghindari kemungkinan mogok di tengah jalan.


3. Ganti oli setiap 3.000 km

Oli berfungsi sebagai pelumas mesin kendaraan. Dengan rutin mengganti oli motor, maka performa mesin akan terus terjaga dan tetap bekerja dengan optimal. Ganti oli maksimal setiap 3.000 km atau setidaknya 2 bulan sekali. Gunakan oli Yamalube yang sudah terjamin kualitasnya.


4. Lakukan servis rutin

Servis berkala juga tidak boleh dilewatkan agar komponen-komponen motor terawat dengan baik sehingga umur pemakaiannya bisa lebih panjang. Lakukan servis di bengkel resmi Yamaha untuk mendapatkan pelayanan dengan Standar Operating System Yamaha dan dikerjakan langsung oleh teknisi andal bersertifikasi.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi