iklan jual beli mobil

Tips Upgrade CVT Yamaha Fazzio Biar Tarikan Makin Enteng, Pemula Masuk

  • Untuk mendapatkan performa motor matik yang sesuai dengan keinginan, banyak pengguna yang melakukan modifikasi. Paling mudah adalah dengan memberi ubahan pada CVT.

Otojatim.com - Motor matik banyak dipilih karena mudah dikendarai dan perawatannya tidak ribet. Namun, banyak juga pengguna yang merasa perlu untuk meng-upgrade skutiknya agar tarikan dan tenaganya lebih enak. 


Bagi pengguna motor matik pemula yang ingin memodifikasi mesinnya, bisa coba bermain di bagian Continuously Variable Transimission (CVT), atau biasa disebut "main kirian". Bagian ini banyak dioprek karena biayanya yang tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan bore-up atau stroke-up. Pengerjaannya juga terbilang cukup gampang karena sparepart-nya mudah didapat jadi bisa langsung diaplikasikan.


"Sebenarnya cara upgrade CVT Yamaha Fazzio hampir sama dengan motor matik lainnya. Hanya area CVT-nya yang lebih pendek sehingga v-belt juga jadi lebih pendek," kata Eko Wahyu, punggawa bengkel Ekomotto Pacar Keling, Surabaya


Berikut ini 3 tips upgrade CVT untuk meningkatkan performa Yamaha Fazzio Anda. 


1. Ubah Derajat Kemiringan Pulley Depan

Cara pertama adalah mengubah sudut kemiringan pulley depan dengan ukuran sudut tertentu. Derajat kemiringan pulley standar Yamaha Fazzio adalah 14 derajat. Semakin kecil angka derajat kemiringannya, maka pulley akan semakin tegak atau curam. Efeknya posisi v-belt jadi semakin di bawah dan membuat rasio pulley depan terhadap pulley belakang jadi lebih kecil. Sehingga akselerasi motor matik jadi semakin enteng. 


"Tapi tidak boleh terlalu curam, karena nanti v-belt jadi susah naik. Kisaran 13,8 derajat sudah oke," ujar Eko.


Mengubah pulley sendiri dimaksudkan untuk menambah daya tekan v-belt pada motor matik sebagai pengganti rantai. Tekanan yang sesuai akan membuat kinerja v-belt jadi lebih maksimal dan tidak mengakibatkan selip atau membuang tenaga mesin dengan percuma.


2. Kerok Jalur Roller

Ukuran roller berbeda-beda pada setiap kendaraan matik, mulai dari 8 gram hingga ukuran 18 gram. Roller bawaan Yamaha Fazzio adalah 14 gram, Anda bisa menggantinya dengan yang lebih ringan untuk tarikan yang lebih enteng. Menurut Eko, roller diganti untuk menambah top speed atau mengejar akselerasi, tergantung dari ukurannya. 


Anda juga bisa mengerok jalur rumah roller agar lontaran roller jadi semakin tinggi. Dengan mengikis ujung jalur roller, membuat jalur jadi lebih panjang. Roller yag bisa bergulir jauh dapat meningkatkan performa motor matik.


3. Melubangi Mangkok Kampas Ganda

Perubahan yang dilakukan pada rumah mangkok ganda adalah dengan cara melubanginya seperti ventilasi agar kotoran sisa gesekan kampas ganda bisa langsung keluar. 


"Tujuannya untuk mengurangi panas dan melepas kotoran sehingga tidak gredek atau selip," tutup Eko.

LihatTutupKomentar

Impresi Awal: New Honda Mobilio 2017 Semakin Mewah dan Naik Kelas

Jakarta, Otojatim.com - Persaingan antar Low MPV sudah dimulai di awal tahun 2017. Tentunya, pabrikan banyak mengeluarkan varian dan menyeg...

close
harga yamaha lexi