iklan jual beli mobil

Siap-siap Dapat Subsidi Konversi Motor Listrik, Ini Syaratnya

  • Pemerintah akan mulai menjalankan program konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik per 20 Maret 2023. 
  • Sejumlah syarat harus dipenuhi bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam program ini.

Otojatim.com - Mulai 20 Maret 2023, bantuan pemerintah terkait Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) mulai dilaksanakan. Sebanyak 50ribu sepeda motor berbahan bakar minyak akan mendapat subsidi konversi menjadi kendaraan listrik.


Untuk mengikuti program ini, ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi. Diantaranya kendaraan harus dalam kondisi baik, surat-surat berupa STNK dan BPKB masih lengkap, serta data-datanya sesuai dengan KTP. Hal ini untuk memastikan tidak adanya unsur penyalahgunaan.


“Apabila masyarakat memiliki dua sepeda motor, untuk sementara, hanya satu saja yang dapat dikonversi. Ini supaya yang lain bisa kebagian. Motornya juga harus dikonversi di bengkel yang bersertifikat dari Kementerian Perhubungan. Kami juga akan menyiapkan aplikasinya agar dapat dengan mudah mengetahui lokasi bengkel konversi,” kata Rida Mulyana, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, dikutip dari laman Kementerian ESDM, Selasa (7/3/2023).


Menurut Rida, konversi kendaraan listrik ini merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat terciptanya ekosistem kendaraan elektrivikasi. Sehingga dapat memberikan manfaat berupa penghematan bagi konsumen dan pemerintah.

Daftar 14 Bengkel Konversi Motor Resmi Tersertifikasi

Di sisi konsumen atau pengguna motor, penghematan bisa mencapai Rp 2,77 juta per tahun. Sementara dari sisi Pemerintah, diperkirakan bakal ada penghematan Rp32,7 M per tahunnya.


"Konversi motor listrik juga akan membuka lapangan kerja baru, salah satunya bagi teknisi pada bengkel khusus konversi di seluruh Indonesia. Kementerian ESDM telah mendata dan akan meningkatkan jumlah bengkel untuk melayani masyarakat," kata Rida.


Adapun bantuan yang dijanjikan Pemerintah adalah Rp 7 juta per unit untuk pembelian 200.000 unit kendaraan sepeda motor listrik baru, dan Rp7 juta per unit untuk konversi 50 ribu sepeda motor konvensional berbahan bakar minyak ke listrik di tahun 2023.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi