iklan jual beli mobil

Rasakan Nuansa Ramadhan dan Lebaran di Riau Bersama Hyundai Stargazer

  • Provinsi Riau menyimpan kebudayaan menarik setiap Ramadhan dan Idul Fitri. Jadikan mudik atau sekedar plesiran ke Riau makin berkesan dengan Hyundai Stargazer.

Otojatim.com - Riau, sebuah provinsi di tengah Pulau Sumatera, punya kegiatan unik dalam menyambut Bulan Ramadhan. Masyarakat setempat melakukan ritual menyucikan diri dengan cara yang beraneka ragam di setiap daerahnya.


Misalnya saja di Kabupaten Kampar dan beberapa daerah di Riau, masyarakatnya menyambut Bulan Suci dengan upacara Balimau Kasai, yakni mandi dengan perasan air jeruk limau dan rempah-rempah sebagai lambang membersihkan diri.


Air yang digunakan untuk mandi merupakan campuran jeruk limau dengan daun-daun harum, seperti serai, arai pinang, daun jeruk, daun pandan, atau daun bunga rampai. Masyarakat Riau percaya, melakukan ini sehari sebelum Ramadhan, dapat mengusir segala macam penyakit dan rasa dengki.

Balimau Kasai biasa dilakukan pada sore sehari sebelum puasa. Bisa dengan menyiram seluruh badan ataupun hanya membasuh wajah saja. Tempatnya berbeda-beda di setiap daerah, ada yang di rumah, masjid, ataupun sungai.


Selain Balimau Kasai, masyarakat Riau juga melakukan potang mogang, atau saling berkunjung ke rumah keluarga yang dituakan untuk bermaaf-maafan. Masjid-masjid juga menggelar makan bersama. 


Sedikit berbeda, Pekanbaru punya hajatan rutin yang dilakukan turun temurun setiap datangnya Bulan Ramadhan. Ribuan warga memadati Sungai Siak di sore hari. Anak-anak menampilkan permainan rakyat seperti gasing, setatak, congklak, egrang, dan masih banyak lagi. 

Anak-anak lelaki terjun bebas ke sungai dengan melompat dari Jembatan Siak III. Aksi ini menarik perhatian warga setempat dan para wisatawan.


Riau juga punya takjil khas yang selalu tampil di Bulan Ramadhan. Antaranya Kue Galopuong Ango yang bentuknya seperti cicin dengan lubang bagian tengah berisi gula pasir, santan, dan rempah. Mie tarempa yang mirip dengan Mie Aceh, ikan bakar kapiek, hingga luti gendang atau roti goreng.


Saat Idul Fitri tiba, masyarakat Riau juga punya tradisi Hari Raya Enam atau Aghi Yayo Onam. Ini mirip dengan Lebaran ketupat di Pulau Jawa. Dimana warga setempat baru merayakan hari raya setelah berpuasa Syawal selama enam hari.


Aghi Yayo Onam diisi dengan berbagai kegiatan seperti silaturahmi, ziarah kubur, hingga menikmati beragam jenis hidangan spesial hari raya. Semuanya dilakukan selama satu harian penuh.


Beberapa desa bahkan melakukan tradisi menjalang-jalang, yakni berkumpulnya tokoh adat di balai desa untuk makan bersama sekaligus melakukan doa selamat bersama.

Belum lengkap rasanya jika Lebaran tanpa kue yang tersusun rapi di meja tamu. Riau punya sejumlah kue tradisional yang sudah pasti nampang di setiap rumah warga. Antaranya kue bawang Melayu, kue bagkit, kacang pukul, sagu lemak, hingga kue bolu berendam.


Pada perayaan Hari Raya Enam, perantau asal Riau wajib pulang kampung, dan membawa seluruh anggota keluarganya untuk diperkenalkan kepada sanak saudara.


Dengan Hyundai Stargazer, mudik atau plesiran ke Riau bersama keluarga akan jadi perjalanan yang menggembirakan. Semua fitur-fiturnya hadir untuk menjamin kemanan dan kenyamanan keluarga selama menempuh perjalanan jauh dengan waktu yang lama.

Kabinnya luas dengan format 7-seater atau 6-seater jika menggunakan captain seat. Terdapat banyak tempat penyimpanan di setiap baris kursi yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh botol minum, tisu, hingga snack. Bahkan ada tray portable mirip di pesawat terbang yang membuat posisi makan jadi lebih nyaman. Tak ketinggalan power outlet di setiap baris sehingga tidak perlu takut kehabisan daya gadget di tengah perjalanan.


Fitur keamanan lengkap dalam balutan Hyundai SmartSense. Salah satu andalannya adalah Lane Keeping Assist & Lane Following Assist (LKA & LFA) yang mampu menjaga mobil tetap berada di dalam marka jalan dan secara otomatis mengoreksi setir jika mobil terdeteksi akan keluar dari garis lajur jalan tanpa menyalakan lampu sein.


Mengemudi anti pegal karena ada Cruise Control sehingga tak lagi harus capek-capek menginjak pedal gas saat melaju di atas 30 km/jam. Tinggal atur kecepatan maksimal yang diinginkan, maka mobil akan melaju sendiri. Sangat cocok digunakan saat melewati jalan tol yang panjang dan kosong.

Hyundai mengajak masyarakat untuk menjajal langsung kecanggihan Stargazer dengan mudik gratis #DiantarSangBintang. Program ini berlaku mulai 3-28 Maret 2023. Sepuluh keluarga terpilih akan pulang kampung naik Stargazer dan mendapatkan THR 10 juta rupiah.


Caranya mudah, tinggal upload foto di Instagram Feed Anda, tulis caption mengenai siapa yang paling Anda rindukan di kampung halaman dan mengapa. Sebutkan juga kota tujuan mudik dan domisili saat ini. Jangan lupa follow Instagram @hyundaimotorindonesia.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi