iklan jual beli mobil

Napak Tilas Satu Dekade Hadirnya i-Cockpit Peugeot

  • Peugeot merayakan 10 tahun hadirnya konsep ruang kemudi i-Cockpit.

Jakarta, Otojatim.com - Sepuluh tahun sudah Peugeot menghadirkan konsep ruang kemudi i-Cockpit yang khas. Sudah 10 juta unit diproduksi dan dinikmati oleh para pengguna Peugeot.


Konsep i-Cockpit sendiri memiliki tiga elemen dasar, yakni steering wheel untuk pengendalian yang optimal, Instrument Cluster Display yang memuat informasi lengkap, serta Layar Touchscreen yang mudah dijangkau.


i-Cockpit pertama kali hadir pada tahun 2010 dengan presentasi mobil konsep Peugeot SR1 di Geneva Motor Show. Sebuah coupé-cabriolet dengan posisi mengemudi yang revolusioner.

Mulanya, setir mobil Peugeot berukuran besar dengan layar informasi di setir. Kemudian posisinya diubah jadi sejajar mata sehingga lebih ergonomis dengan setir yang lebih kecil, atau disebut head-up display. Setelahnya layar sentuh ditambahkan, sehingga semua kontrol lebih sederhana. 


Pada tahun 2012, generasi pertama PEUGEOT 208 hadir dengan memperkenalkan i-Cockpit sebagai standar. Lalu pada tahun 2016, generasi kedua Peugeot 3008 dan 5008 meluncurkan versi layar digital berukuran 12,3 inci yang dapat disesuaikan dan dipersonalisasi sepenuhnya. Sakelar-sakelarnya ditempatkan di bawah layar sentuh untuk mempermudah akses ke fungsi-fungsi penting. 


Di tahun 2019, Peugeot 208 generasi kedua membawa cluster digital 3D. Semakin canggih di Peugeot 308 (2021) dan 408 (2022) karena ada sistem infotainment i-Connect terbaru.


"Peugeot telah menjadi pelopor di bidang ini, sekaligus membuka jalan baru bagi lebih banyak inovasi. Pastinya i- Cockpit akan memiliki masa depan cerah," kata Bertrand Rapatel, Direktur Desain Interior Peugeot.


Konsep Peugeot Inveption yang dipresentasikan di CES, Las Vegas pada awal tahun 2023, menunjukkan evolusi Peugeot i-Cockpit baru yang lebih intuitif dan futuristis dengan adanya Hypersquare, sebuah revolusi kontrol kemudi baru yang terkoneksi dengan smartphone.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi