iklan jual beli mobil

MPM Honda Jatim Sukses Gelar Seleksi Regional Festival Vokasi Satu Hati 2023

Festival Vokasi Satu Hati 2023

Surabaya, Otojatim.com - Dalam rangka menghadirkan sumber daya manusia yang unggul di industri kendaraan bermotor roda dua, MPM Honda Jatim bersama PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu Hati 2023.

Acara ini diikuti oleh 93 SMK Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur pada tanggal 21-23 Februari 2023.

Sebelum mengikuti seleksi regional MPM Honda Jatim, peserta telah mengikuti seleksi tahap awal di MPM Learning Center Sedati, Sidoarjo pada tanggal 24-27 Januari 2023 bersama dengan 98 siswa dan guru SMK binaan MPM Honda Jatim.

Dalam seleksi regional yang diadakan di Learning Centre MPM Sedati Sidoarjo, terdapat 12 siswa dan 10 guru yang berjuang untuk mewakili MPM Honda Jatim pada ajang Festival Vokasi Satu Hati 2023 tingkat nasional. Pada fase ini akan dipilih 5 siswa dan 3 guru.

Dalam kegiatan ini, para siswa dan tenaga pengajar SMK yang telah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor dapat mengikuti kegiatan ini dengan mendaftar di sekolah masing-masing dengan melalui berbagai tahapan seleksi.

Para peserta akan menunjukkan keahlian mereka dalam perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan bahan uji materi sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

Selain itu, para peserta guru juga akan dihadapkan dengan berbagai tantangan dari sisi teknis penyampaian materi dan pengetahuan teknik sepeda motor. Pengujian dilakukan secara praktik dan tertulis.

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin ikut berkontribusi pada dunia pendidikan vokasi untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul di industri kendaraan bermotor roda dua. Selain itu, program ini juga bisa mengukur dan mengevaluasi hasil pengembangan keterampilan siswa dan tenaga pengajar di bidang vokasi khususnya sekolah SMK binaan MPM Honda Jatim,” kata Hatmarto, HR & GA Division Head MPM Honda Jatim.

Siswa-siswi dihadapkan dengan tantangan untuk menunjukkan keahlian mereka dalam perbaikan sepeda motor. Penilaian kegiatan dilakukan melalui live streaming dan penilaian langsung oleh juri berpengalaman dalam mengajar dan bidang teknis sepeda motor Honda.

Honda, bersinergi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Indonesia, mengadakan berbagai kegiatan bagi siswa-siswi dan tenaga pengajar SMK mitra binaannya. Tujuannya adalah untuk memberikan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada.

Festival Vokasi Satu Hati 2023 menghadirkan beragam program menarik, seperti Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru, Vocational Video Challenge, National Assessment SMK, dan Awarding Festival Vokasi Satu Hati 2023.

Kegiatan ini dimulai pada tahun 2021-2022 dengan tantangan kreativitas bagi para guru dan pelajar SMK melalui video belajar. Selain itu, dilakukan juga Assement SMK binaan kepada seluruh SMK TBSM Astra Honda wilayah Jatim yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk memonitor dan mengkalibrasi kesiapan proses belajar dari sisi fasilitas, kurikulum ajar, dan tenaga pengajar.

Festival Vokasi Satu Hati ditutup dengan acara Awarding pada bulan Juni secara online. Selain itu, para peserta yang hadir dalam acara akan mendapatkan materi seminar dari narasumber menarik untuk mendukung proses belajar mengajar. Para peserta yang berhasil menjadi yang terbaik pada masing-masing program akan mendapatkan apresiasi hadiah yang cukup besar.

Hingga akhir tahun 2022, MPM Honda Jatim telah bekerja sama dengan 98 SMK yang telah menerapkan kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor Honda di wilayah Jawa Timur.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi