iklan jual beli mobil

Ini Spesifikasi Mitsubishi XFC Concept, Yakin Bisa Sesukses Xpander?

  • Mitsubishi nampaknya ingin kembali mengulang kesuksesan Xpander di Indonesia dengan meluncurkan XFC Concept. 
  • Bergabung dengan segmen SUV, XFC akan berada di atas Xpander namun masih dibawah Pajero.

Otojatim.com – Setelah melakukan peluncuran global perdana di Vietnam pada akhir 2022 lalu, Mitsubishi Motors Corporation kini memperkenalkan secara resmi Mitsubishi XFC Concept di Indonesia. Compact SUV tersebut dipamerkan selama ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), JIExpo Kemayoran Jakarta, pada 16–26 Februari 2023.


Dilihat dari polanya, Mitsubishi nampak ingin mengulang jejak kesuksesan Xpander, dengan mendengar masukan dari konsumen Indonesia. XFC nantinya akan mengisi segmen mobil SUV 5-penumpang dengan dimensi yang lebih kecil. Meski masih berupa konsep, banyak masyarakat yang sudah antusias menunggu bocoran fitur-fitur yang akan dibawa oleh calon kakak Xpander ini.


Mitsubishi XFC Concept menawarkan desain “Silky & Solid” yang kuat, interior kabin “Compact & Spacious” dengan kenyamanan kelas premium, serta teknologi dan performa “Smart & Quality Comfort” yang mendukung petualangan pengguna. Sejalan dengan tagline yang  diusungnya, “teman yang paling cocok untuk kehidupan yang menyenangkan”.

"XFC Concept bisa dijadikan sahabat yang menyenangkan untuk dibawa kemanapun kita mau. Harapannya produk ini menghadirkan excitement baru," kata Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI dalam presentasinya di booth IIMS pada (17/2).


XFC Concept menawarkan handling mumpuni berkat ground clearance tinggi dengan diameter roda yang besar, melambangkan ketangguhan dan kelincahan dalam melibas segala jenis permukaan jalan dan menerobos berbagai cuaca. 

Lampu depan berbentuk L dipadukan dengan tumpukan Daytime Running Light (DRL) di bagian bawahnya sehingga dari jauh terlihat seperti bentuk T yang ikonik. Sisi-sisi bodinya berotot dengan pahatan flare fender depan dan belakang serta garis berkarakter yang mengekspresikan kekuatan dan dinamisme sebuah SUV. Lalu overhang depan dan belakangnya tampak sempit sehingga mobil ini tampak punya kuda-kuda lebar. Sementara bagian belakangnya juga dilengkapi lampu ekor berbentuk T sebagai lambang keluasan dan stabilitas. 


Meski ukuran bodinya terlihat ringkas, namun dari sisi interior Mitsubishi XFC menawarkan kenyaman dengan kabin yang luas dan futuristik, sesuai dengan konsep yang diusungnya, yakni smart interior dan quality comfort. Ruang kaki di kursi belakang juga tergolong luas di kelasnya.


Kesan mewah hadir lewat komponen segar seperti penampang visual spion di dasbor, instrument cluster yang menyatu dengan monitor dasbor, serta pengatur seperti mouse komputer di konsol tengah.

Panel instrumen didesain horizontal, sehingga mudah merasakan perubahan postur kendaraan saat melewati jalanan yang tidak rata, sekaligus meningkatkan visibilitas jadi lebih baik. Panel dengan layar besar tersebut memuat informasi seperti navigasi, kondisi permukaan jalan, dan lainnya.


"Dengan desian yang inovatif, kami berharap XFC Concept bisa jadi game changer di kelas SUV compact," kata  Guntur.


Dapur pacunya menggunakan mesin kapasitas 1.500 cc dengan dua varian, yakni mesin bensin dan hybrid. Terdapat empat mode berkendara diantaranya Normal, Gravel, Mud, dan Wet. Dimana Wet mode merupakan fitur khusus yang dirancang untuk kondisi jalanan di negara-negara di ASEAN pada umumnya. Mode ini akan memberikan kenyamanan dan rasa aman saat mengemudi di cuaca ekstrim. Kontrol stabilitasnya juga baik saat dikendarai di jalan licin sehingga nyaman bagi pengemudi dan penumpang.


Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT. MMKSI menjamin seluruh desian utama dari konsep XFC, akan sangat mirip dengan versi produksi massalnya kelak. Sama dengan Mitsubishi Xpander yang mirip dengan Mitsubishi XM Concept. 


"Seperti saat kami mengembangkan Xpander, dalam pengembangan XFC pun kami sangat serius mendengarkan apa yang diinginkan konsumen Indonesia. Kontribusi dan masukan konsumen dari FGD Group sangat kami perhitungkan." kata Hikaru.


Xpander sendiri merupakan mobil terlaris Mitsubishi di Indonesia saat ini. Dengan Xpander Cross sebagai varian tertingginya. Angka penjualan Mitsubishi terus meroket sepanjang 2017, gara-gara Xpander.


Sebelum nama Xpander digunakan, Mitsubishi memakai nama XM Concept yang digadang-gadang memiliki tampilan dan fitur futuristik. Sukses besar, puluhan ribu orang kala itu terdata siap meminang XM Concept. Setelah diperkenalkan pada Oktober 2016, versi massal Xpander akhirnya lahir pada Agustus 2017 dengan detil yang persis dengan versi konsepnya. Penjualan makin menanjak, masukan konsumen terus ditampung hingga Mitsubishi menambah lagi varian dari Xpander yaitu Sport MT dan GLS AT, lalu menyusul Xpander Cross di tahun 2019. 

XFC kemungkinan akan mengisi segmen di atas Xpander Cross. Bedanya, XFC muat 5 penumpang, sementara Xpander bisa mengangkut 7 penumpang. Xpander menyasar kelas low MPV dengan tampilan ala SUV, sementara XFC masuk kelas true SUV. Harganya diperkirakan akan berkisar Rp400-Rp500 jutaan. 


Dengan semua spesifikasi yang disebutkan, akankah XFC mengulang kesuksesan Xpander dan menyikut pesaing-pesaing lain di kelasnya? Menarik untuk dinantikan.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi